Parenting

Cara Mendidik Si Buah Hati agar Menemukan Bakatnya

26-04-2021

Cara Mendidik Si Buah Hati agar Menemukan Bakatnya

Setiap orang tua menerapkan cara mendidik anak yang berbeda. Semua dilakukan agar Si Buah Hati menjalani apa yang membuatnya bahagia di masa depan. Termasuk mendukung bakat dan minat Si Buah Hati.

 

Sederhananya bakat merupakan dasar atau kemampuan dan kepandaian yang dimiliki sejak lahir. Yang menjadi tantangan, anak juga memiliki bakat yang berbeda-beda. Diperlukan tenaga dan daya pendampingan yang ekstra agar anak unggul dalam bidangnya. Berikut ini cara yang bisa Bunda lakukan dalam mendidik anak menemukan bakat dan minatnya.

 

Memberi kesempatan bereksplorasi

Pada tahapan ini, orang tua perlu memberikan berbagai stimulus agar Si Buah Hati mengenal berbagai bidang. Bunda bisa memperkenalkan berbagai aktivitas dan hobi seperti olahraga, musik, tari, menggambar atau hal lainnya. Bunda bisa mengajak anak beraktivitas di luar rumah atau mengajak Si Buah Hati ke pameran atau pentas seni.

 

Mengamati tingkah laku Si Buah Hati

Sembari mengenalkan banyak kegiatan, Bunda perlu mengobservasi bagaimana Si Buah Hati melakukan kegiatan dengan sarana yang sudah diberikan. Apakah ingin terus melakukannya hingga lupa waktu atau tertarik sehingga ingin tahu lebih banyak. Cara mendidik anak untuk mengetahui potensi yang dimilikinya juga butuh kesabaran, lho. Diperlukan kerjasama yang kompak dari kedua orang tua saat mendidik anak menemukan bakat dan minatnya.

 

Mengikutsertakan dalam lomba

Jangan ragu untuk mendorong Si Buah Hati berkompetisi. Tanamkan kesadaran untuk bertindak sportif saat lomba. Bunda juga dapat mendidik anak dengan menanamkan pengertian bahwa menang atau kalah adalah hal yang lumrah terjadi. Sehingga anak tidak jumawa saat menang atau berkecil hati saat kalah. Dengan mengikutsertakan Si Buah Hati dalam perlombaan, Bunda juga dapat melatih kepercayaan diri anak. Selain bakat dan minat, percaya diri juga modal penting agar anak unggul dalam bidangnya.

 

Tidak memaksakan kehendak

Yang satu ini juga penting untuk diterapkan saat mendidik anak. Cara mendidik anak setiap orang tua untuk menemukan bakatnya jelas berbeda-beda. Namun yang pasti, Bunda jangan sampai memaksakan kehendak, ya! Saat Si Buah Hati terlihat lebih antusias menggambar ketimbang bermain piano, maka tidak perlu memaksa anak berlatih atau les piano setiap hari jika tidak menginginkannya. Orang tua juga perlu terbuka mendengarkan dan memahami penjelasan anak mengapa ia tidak nyaman ketika melakukan sesuatu.

 

Ingat, ya, Bunda, setiap anak memiliki fase perkembangan yang berbeda-beda. Ada yang sudah menemukan bakatnya sejak 5 tahun, ada yang saat masa sekolah, ada juga yang menemukan apa yang menjadi bakat dan minatnya saat dewasa. Namun penting untuk mendorong anak berani mencoba berbagai hal dan mendampinginya.

 

Bantu anak optimalkan bakat dan kemampuannya dengan DANCOW Nutritods 5+. DANCOW 5+ Nutritods dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa dibandingkan formula sebelumnya, tinggi zinc, vitamin C, Vitamin B6, B12, Biotin, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus. DANCOW 5+ Nutritods juga bantu dukung eksplorasi masa Prasekolah Si Buah Hati usia diatas 5 tahun.