Nutrisi

Manfaat Ngemil, Pendukung Tumbuh Kembang Anak

05-11-2020

Manfaat Ngemil, Pendukung Tumbuh Kembang Anak

Selama ini, camilan dianggap kurang baik bagi si Kecil, karena identik dengan kudapan tinggi gula atau garam, dan tinggi kalori. Padahal, ahli gizi menyarankan anak-anak memakan kudapan sehat dan bernutrisi yang memainkan peran penting dalam mendukung proses belajar dan tumbuh kembang anak.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk saat memberikan camilan adalah dengan memilih camilah yang sehat dan tinggi nutrisi, pemberiannya tidak terlalu dekat dengan jam makan siang atau malam, serta pilih porsi yang pas.

Simak pentingnya mengudap untuk proteksi kesehatan tubuh si Kecil berikut ini ya, Bunda.

Memenuhi Kebutuhan Gizi

Menurut National Food Service Management Institute, anak-anak butuh 3 kali makanan utama dan 2 kali camilan untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka. Makanan bergizi berpengaruh terhadap tahap tumbuh kembang anak. Perut yang masih kecil dan penyerapan nutrisi yang masih terbatas harus ditunjang dengan jadwal makan yang konsisten.

Rencanakan waktu pemberian camilan secara tepat. Misalnya jika sarapan pada jam 07.30 dan makan siang pada jam 11.30, maka pemberian camilan kepada si Kecil bisa dilakukan jam 9 pagi.

Menjaga Anak-anak Tidak Terlalu Lapar

Pemberian kudapan di tengah-tengah jam makan menjaga gula darah dan memberikan cukup energi untuk bermain dan bereksplorasi. Selain itu, camilan yang sehat dan ringan, menjaga  si Kecil untuk tidak memakan terlalu banyak saat jam makan yang akan datang, sehingga terhindar dari risiko obesitas atau mengalami gangguan kesehatan akibat makan terlalu banyak.

Bunda, baca juga artikel ini: Dukung Kecerdasan Si Kecil dengan Asupan Nutrisi Tepat

Cara Menawarkan Makanan Baru

Menawarkan jenis makanan baru tidak hanya menghindarkan si Kecil dari kondisi picky eater, tapi juga memvariasikan asupan nutrisi. Perkenalkan jenis sayuran atau buah yang belum pernah dimakannya sebagai kudapan dan memang makanan sehat untuk anak. Misalnya tunjukkan cinta bunda dengan menyisipkan buah naga atau kiwi ke dalam smoothies, atau kacang merah ke dalam salad yang creamy. Berikan kesempatan si Kecil untuk mencobanya dan jangan memaksanya ya, Bunda.

Menu Kudapan Bagi Si Kecil

The U.S. Department of Agriculture (USDA) dan Adult Care Food Program (CACFP) menyarankan untuk menyajikan setidaknya 2 komponen yang berbeda dalam setiap jadwal pemberian camilan. Misalnya jangan menyediakan susu dan jus buah secara bersamaan atau menyajikan daging dan kacang-kacangan karena sama-sama merupakan sumber protein.

Pilih camilan dari produk susu, buah atau sayuran, biji-bijian atau roti, dan daging. Tidak lupa untuk memilih juga kudapan yang sehat untuk memberikan energi untuk bermain dan bereksplorasi ya, Bunda.