Parenting

Dukung Kecerdasan Emosional Anak dengan Membacakan Dongeng Aku Dan Kau

01-09-2021

Ibu dan putrinya membaca dongeng anak

Tahukah Bunda kalau buku dongeng anak dapat menjadi media hiburan untuk Si Buah Hati yang jauh lebih bermanfaat dibandingkan gadget atau televisi? Hal ini karena membaca cerita dongeng memiliki banyak manfaat, bahkan bagi perkembangan kecerdasan emosional Si Buah Hati. Di kondisi pandemi seperti saat ini, kemampuan menjaga emosi menjadi salah satu hal yang penting untuk dimiliki, jadi tak ada salahnya sejak dini Bunda mendukung dan menuntun Si Buah Hati untuk lebih mengembangkan kecerdasan emosionalnya.

 

Dongeng anak adalah media literatur yang bisa diperkenalkan kepada Si Buah Hati sejak usia dini  untuk mengembangkan berbagai kemampuan Si Buah Hati. Membacakan buku dongeng, seperti seri Dongeng Aku Dan Kau dari DANCOW yang berisi dongeng-dongeng asli Indonesia, bisa mempengaruhi perkembangan emosional Si Buah Hati. Apalagi untuk Si Buah Hati usia Prasekolah, tentu harus diajarkan untuk memahami emosi dan mengerti kondisi lingkungan di sekitarnya. Yuk, simak penjelasan bagaimana membaca dongeng asli Indonesia lewat seri Dongeng Aku Dan Kau bersama Si Buah Hati bisa membantu Bunda mengembangkan kecerdasan emosional Si Buah Hati.

 

  1. Membantu Si Buah Hati Mengekspresikan Perasaan Menggunakan Bahasa yang Tepat

image

Lewat kegiatan membaca dongeng, Bunda bisa mengajak Si Buah Hati mengasah kecerdasan emosional yaitu dengan belajar mengekspresikan perasaan. Saat membaca cerita Dongeng Aku Dan Kau, ajak lah Si Buah Hati untuk mengenali para karakter yang ada dan berikan pengertian tentang apa yang dirasakan karakter dalam cerita serta apa yang menjadi alasan di balik tindakan para karakter tersebut. Misalnya mengapa sebuah karakter dalam cerita dongeng anak merasa marah, merasa sedih, atau merasa senang. Dengan begitu Si Buah Hati pun jadi mengenali kata-kata yang bisa digunakan untuk mengungkapkan perasaannya. Hal ini penting untuk kecerdasan emosional sekaligus kemampuan bahasanya, jadi Si Buah Hati bisa mengekspresikan emosinya dengan ungkapan yang tepat.

 

Baca Juga: Kenapa Baca Dongeng Penting untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Si Buah Hati?

 

  1. Mengajarkan Empati pada Si Buah Hati

image

Dongeng anak memiliki nilai-nilai moral yang bisa dipelajari Si Buah Hati. Dari nilai-nilai inilah Bunda bisa membantu Si Buah Hati menumbuhkan dan memahami rasa empati. Jadi saat membaca dongeng bersama, ajaklah Si Buah Hati berdiskusi untuk membahas nilai moral dan karakter yang ada dalam cerita. Misalnya saat membaca cerita dongeng “Pangeran Palasara Si Lembut Hati” dari seri Dongeng Aku Dan Kau, Si Buah Hati bisa belajar sifat baik dari karakter Pangeran Palasara yang menyayangi binatang dan memelihara burung yang terluka di atas kepalanya sendiri.

 

  1. Mengajarkan Si Buah Hati Menghadapi Perbedaan Pendapat

image

Kecerdasan emosional salah satunya berkaitan dengan kemampuan Si Buah Hati mengelola emosi, tak hanya emosi dalam dirinya sendiri tapi juga dalam hubungan dengan orang lain. Lewat pelajaran yang bisa ditemukan dalam berbagai cerita dongeng anak, Bunda juga bisa mengajari Si Buah Hati bagaimana cara berkomunikasi yang tepat saat terjadi masalah dalam sebuah hubungan. Misalnya ketika terjadi perbedaan pendapat antara Si Buah Hati dengan teman atau orang yang ia kenal. Sehingga ketika menemukan tantangan serupa di masa depan, Si Buah Hati dapat merespon dengan baik, bukan bereaksi dengan emosional.

 

Ternyata cukup banyak manfaat membaca dongeng anak bersama Si Buah Hati untuk kecerdasan emosionalnya ya, Bunda. Yuk, mulailah menjadikan kegiatan membaca dongeng asli Indonesia sebagai bagian tradisi tak ternilai untuk Bunda dan si Buah Hati. Jangan lupa, Bunda juga mengumpukan 15 seri Dongeng Aku Dan Kau sebagai bahan bacaan di rumah, lho. Hanya dengan membeli DANCOW 1+/3+/5+ Nutritods ukuran 800g/1kg bertanda khusus, Bunda bisa mendapatkan salah satu seri Dongeng Aku Dan Kau. Yuk, kumpulkan seluruh serinya untuk dibaca bersama Si Buah Hati! Selain membacakan buku Dongeng Aku Dan Kau, Bunda juga bisa mengajak Si Buah Hati untuk melakukan berbagai aktivitas seru yang bisa diakses dari halaman Dongeng Aku Dan Kau. Mulai dari berkenalan dan mewarnai karakter dongeng favorit Si Buah Hati, hingga mengikuti kompetisi mendongeng dengan berbagai hadiah menarik!

 

Agar stimulasi yang diberikan lewat kegiatan membacakan dongeng anak dapat diterima anak secara optimal, Bunda juga perlu memastikan Si Buah Hati terlindungi dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi. DANCOW 5+ Nutritods dengan 0 gram sukrosa, Lactobacillus rhamnosus, Omega 3 & 6, Minyak Ikan, Vitamin C & D, Zat Besi, Zink, dan nutrisi penting lainnya membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Buah Hati.