Nutrisi

Makanan Bergizi, Lezat Tanpa Digoreng

06-11-2020

Makanan Bergizi, Lezat Tanpa Digoreng

Makanan yang digoreng dapat menjadi favorit si Kecil. Sayangnya, kurang bisa memberikan manfaat kesehatan. Kini, Bunda bisa menyajikan makanan favoritnya dengan penyajian yang lebih bergizi dan tanpa digoreng.

Terkadang makanan lezat identik dengan gorengan. Rasanya yang gurih kerap membuat lidah menjadi kecanduan untuk mengonsumsinya secara berlebihan. Namun begitu, gorengan bukanlah pilihan makanan yang bergizi. Kandungan lemak tak jenuh dan lemak trans-nya yang tinggi bisa mengganggu kesehatan.

Jika selama ini  Bunda mengenal kentang sebagai sajian gorengan yang lezat untuk si kecil, bersama dengan makanan lain ternyata kentang bisa disajikan dengan sehat tanpa harus digoreng. Begini cara lengkapnya!

Kentang

Umbi satu ini bisa menjadi pilihan makanan lebih bergizi jika dipanggang. Bungkus kentang dalam aluminum foil dan jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam dan bawang putih bubuk. Panggang dalam oven. Jika ingin membuat stik, potonglah kentang memanjang, aduk dengan putih telur dan taburi dengan beraam rempah-rempah. Oven dalam suhu 350 derajat selama 30-40 menit. Taraaa! Stik kentang pun siap dihidangkan sebagai camilan bernutrisi buat si Kecil.

Potongan Ayam

Ayam goreng memang pilihan makanan favoritnya, tapi tahukah Bunda bila makanan ini bisa menyumbang kalori berlebihan dikarenakan proses memanggangnya? Untuk mengakalinya, buatlah irisan ayam lebih tipis agar bisa matang secara cepat dan merata. Tambahkan putih telur dan goreng dalam teflon. Lemak dalam potongan ayam akan keluar dan berfungsi sebagai minyak. Tanpa tambahan minyak, ayam pun bisa tetap renyah. Tanpa harus mengilangkan menu favoritnya, Bunda masih bisa menyajikannya, bahkan jauh lebih bernutrisi.

Ikan

Seperti halnya potongan ayam, ikan juga lebih bergizi dihidangkan tanpa harus menggorengnya. Percikkan sedikit minyak sawit dalam oven, panggang ikan hingga matang. Setelah matang sajikan selagi hangat. Kandungan protein dan omega-3 ikan yang melimpah sangat baik untuk mendukung perkembangan otak dan kemampuan kognitifnya. Dengan begitu, proses belajarnya tetap lancar seiring dengan tahapan usianya.

Bagaimana, tidak begitu sulit kan menyajikan makanan yang lebih bergizi buat si Kecil?