Parenting

Lindungi Kulit Sensitif Si Kecil dengan Pintar Memilih Bedak

06-11-2020

Lindungi Kulit Sensitif Si Kecil dengan Pintar Memilih Bedak

Kulit si Kecil yang masih lembut dan sensitif butuh dirawat dengan produk yang tepat. Salah satu perlengkapan yang sering digunakan para orang tua adalah bedak bayi. Selain membuat badannya tetap wangi, bedak biasa digunakan untuk menutrisi kulit agar tetap halus, memberikan perlindungan untuk kulit dari kelembaban, dan mencegah risiko terkena gatal-gatal atau ruam.

Agar kulitnya tetap sehat, ikuti tips-tips berikut ini untuk memilih bedak bayi yang aman.

Lolos Uji Kesehatan

Enviromental Working Group (EWG) Skin Deep Database, pusat penelitian bahan kimia berbahaya Amerika, menyarankan untuk memilih bedak bayi yang telah lolos uji keamanan dan kesehatan, misalnya telah mendapat persetujuan dari lembaga seperti Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Kemenkes untuk produk yang beredar di Indonesia. Lakukan aksi cerdas dengan membiasakan diri untuk selalu membaca label yang tercantum pada kemasan.

Berbahan Tepung Jagung

American Academy of Pediatrics tidak merekomendasikan penggunaan bedak bayi yang berbahan talcum, karena efeknya yang kurang baik bagi kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Partikel talcum yang sangat halus dapat terhirup lewat hidung dan memicu gangguan pada saluran pernafasan dan kerusakan paru-paru.

Berikan perlindungan dari dalam dengan memilih bedak bayi yang menggunakan bahan dasar tepung jagung, seperti yang disampaikan dalam laporan Enviromental Working Group (EWG), organisasi nirlaba dari Amerika yang fokus meneliti beragam zat kimia berbahaya serta memberikan masukan produk yang tepat. Selain ukurannya yang tidak terlalu halus, tepung jagung juga mempunyai daya serap yang tinggi terhadap kelembaban, sehingga si Kecil tetap dapat bermain dan bereksplorasi untuk menunjang proses belajarnya, tanpa terganggu keringat dan ruam-ruam.

Tidak Mengandung Pewangi

Bedak bayi biasanya mengandung aroma tertentu agar tubuh si Kecil tetap wangi sepanjang hari. Tidak semua bahan pewangi aman bagi kulitnya yang tipis dan sensitif, sehingga terkadang malah menimbulkan iritasi kulit. Pilih produk bedak bayi yang tidak mengandung pewangi sehingga aman digunakan dan bebas dari risiko alergi.

Cari Produk Berlabel Hypoallergenic

Bedak biasanya dimanfaatkan untuk menyerap kelembaban di leher dan di sekitar area kelamin, untuk menghindari biang keringat dan ruam gatal. Jika produk yang digunakan mengandung bahan yang tidak ramah terhadap kulitnya, bukannya hasil kulit kering dan halus yang didapat, melainkan iritasi kulit yang malah mengganggu si Kecil. Salurkan cinta Bunda dengan memilihkan produk berlabel hypoallergenic, agar terhindar dari risiko alergi pada produk tersebut.

Untuk kesehatan si Kecil dan perawatan kulitnya, gunakan tips-tips di atas untuk membantu Bunda memilih bedak bayi yang aman baginya ya.