Parenting

Empat Hal Penting Lindungi Si Kecil dari Infeksi Virus

14-11-2020

Empat Hal Penting Lindungi Si Kecil dari Infeksi Virus

Orang tua mana yang tidak khawatir dan panik ketika si Kecil sakit. Apalagi jika si Kecil sudah berusia 3 tahun dan mulai masuk playgroup atau PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Biasanya gejala yang sering dialami oleh si Kecil adalah demam. Meski sebagian besar demam pada balita bukanlah suatu kondisi yang serius atau berbahaya.

Penyebab demam pada si Kecil yang paling sering adalah infeksi virus seperti common cold, batuk, pilek, diare, dan infeksi virus lainnya. Menurut dokter spesialis anak, dr. Herbowo Agung Soetomenggolo, SpA, jika si Kecil terlalu sering terkena infeksi virus atau infeksi apapun maka dapat menyebabkan tumbuh kembangnya tidak optimal.

Bunda tentunya tidak menginginkan hal ini terjadi. Untuk itu, lakukanlah beberapa tips berikut ini agar si Kecil bebas bereksplorasi di dalam dan luar ruangan, tanpa Bunda khawatir akan serangan berbagai infeksi virus :

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Berikanlah asupan makanan dengan gizi seimbang. Perbanyak sayur, buah, serta makanan yang kaya akan zat besi. Selain itu, jagalah kesehatan saluran cerna si Kecil karena sistem pencernaan berperan penting dalam mempertahankan kesehatan anak. Bunda pun bisa memberikan susu pertumbuhan. DANCOW 3+ EXCELNUTRI + adalah susu pertumbuhan untuk anak usia 3-5 tahun yang mengandung serat pangan inulin, Lactobacillus rhamnosus NCC 4007 & Bifidobacterium longum NCC 3001. Pun tinggi Vitamin A,C,E, & Mineral Selenium dan Zink.
  2. Jagalah kebersihan si Kecil dan lingkungannya. Biasakan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir sebelum makan atau menyiapkan makanan, setelah buang air besar atau kecil, dan ketika tangan kotor. Selain itu, jauhkan si Kecil dari paparan asap rokok, debu, dan polusi udara. Ajarkan si Kecil untuk rutin menyikat giginya setelah sarapan dan sebelum tidur malam.
  3. Istirahat yang cukup dan ajaklah si Kecil rutin berolahraga. Si Kecil membutuhkan tidur lebih banyak daripada orang tua, dari tidur itulah si Kecil membangun sistem kekebalan tubuhnya agar tetap baik dan menjadi sempurna.
  4. Imunisasi. Imunisasi telah memberikan manfaat yang sangat besar, terbukti dengan beberapa kejadian ledakan wabah penyakit tertentu pada suatu daerah karena tidak adanya kesadaran untuk imunisasi. Pencegahan penyakit melalui imunisasi merupakan cara perlindungan terhadap infeksi yang paling efektif dan jauh lebih murah dibanding mengobati si Kecil apabila telah jatuh sakit dan harus dirawat di rumah sakit.

Yuk, Bunda tunjukkan cinta dengan menjaga kesehatan si Kecil. Dengan menerapkan empat poin di atas dalam keseharian, si Kecil akan terhindar dari infeksi penyakit yang berbahaya sehingga memiliki kesempatan untuk bermain, belajar, bereksplorasi, dan tumbuh kembang secara optimal tanpa terganggu masalah kesehatan.

DANCOW Bantu Lindungi Eksplorasi si Kecil.