Nutrisi

Rahasia di Balik Kesehatan Saluran Cerna si Kecil

06-11-2020

Rahasia di Balik Kesehatan Saluran Cerna si Kecil

Hingga usia 5 tahun, tubuh si Kecil masih rentan akan kuman penyakit. Bahkan ketika berada di umur 3 tahun, si Kecil akan menemui banyak masalah kesehatan yang bersumber dari sistem pencernaan. Karena itu, perlu kesadaran Bunda untuk lebih memperhatikan asupan dan pola makannya. Yang tak kalah penting adalah pola minum susu pertumbuhan untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan si Kecil.

 

Lalu bagaimana cara agar sistem pencernaan si Kecil tetap sehat dan bebas dari gangguan? Berikut ini beberapa cara yang dapat Bunda lakukan:

1. Hindari Jajan Sembarangan

Tak bisa dipungkiri, si Kecil yang baru berusia 3 tahun sangat tertarik dengan aneka jajanan. Warna-warni permen, agar-agar, atau camilan lain, akan membuat matanya berbinar-binar. Selanjutnya, si Kecil akan meminta Bunda membelikan jajanan tersebut.

Bila begitu, sebaiknya hindari si Kecil dari jajanan sembarangan dan biasakannya menyantap makanan sehat. Jika Bunda tidak yakin akan kebersihan makanan yang dijual di luar, lebih baik membuatnya sendiri. Agar-agar yang dicampur potongan buah tentu jauh lebih sehat untuk pencernaan si Kecil, ketimbang permen beraneka warna yang ada di pasaran.

2. Perbanyak Asupan Serat

Sayur dan buah yang mengandung serat tinggi akan membuat sistem pencernaan si Kecil bekerja dengan baik dan menjadi lebih sehat. Sayangnya, kebanyakan anak-anak tidak suka mengonsumsi sayur dan buah. Entah dengan alasan rasa tidak enak atau rupanya yang kurang menarik.

Bila begitu, Bunda dapat menyiasatinya dengan membuat aneka makanan yang menarik. Misalnya, bento berbentuk tokoh kartun yang rambutnya terbuat sari sayuran atau nuget dari kacang-kacangan. Bisa juga membuat sarapan berupa boneka yang mata, hidung, dan mulutnya yang berasal dari buah-buahan.

3. Asupan Cairan Tak Kalah Penting

Di usia 3 tahun, si Kecil pun sangat membutuhkan asupan cairan yang mencukupi tiap harinya. Air putih adalah cairan pertama yang sangat penting, untuk menjaga sistem pencernaan si Kecil agar tetap sehat. Cairan lain yang juga sangat dibutuhkan yaitu jus buah, jus sayur, kuah sup, dan susu. Pola minum susu si Kecil pun harus diperhatikan.

4. Mengonsumsi Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada inangnya. Menurut Prof. Dr. dr. Agus Firmansyah, Sp.A(K), probiotik dapat melancarkan saluran pencernaan si Kecil dan membasmi bakteri jahat dalam usus. Salah satu sumber probiotik ada pada yoghurt. Untuk menjaga agar kesehatan pencernaan tetap seimbang, selain yoghurt, si Kecil juga dianjurkan untuk mengonsumsi susu pertumbuhan yang mengandung probiotik.

5. Olahraga Teratur

Siapa bilang olahraga hanya untuk orang dewasa? Si Kecil yang baru berusia 3 tahun pun harus berolahraga secara teratur. Aktivitas ini sangat penting bagi kesehatan pencernaannya. Bentuk olahraganya tentu saja tidak perlu berat. Berjalan kaki atau melompat-lompat kecil, sudah cukup untuk menjaga kebugarannya. Yang penting, harus dilakukan secara teratur.

DANCOW Bantu Lindungi Eksplorasi si Kecil.