Nutrisi

Kenali Makanan Balita yang Mengandung Antioksidan

11-11-2020

Kenali Makanan Balita yang Mengandung Antioksidan

Jika mendengar kata antioksidan, Ayah maupun Bunda mungkin akan memikirkan sumber makanan bernutrisi terutama makanan balita yang mahal harganya. Ada beberapa buah maupun sayuran yang murah tapi tinggi kandungan antioksidannya serta cocok diolah menjadi makanan balita. Simak ulasan selengkapnya ya.

 

Pengertian Antioksidan

Antioksidan adalah zat alami yang dapat mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Biasanya radikal bebas ini disebabkan karena polusi hingga paparan sinar ultraviolet. Antioksidan secara alami dapat diperoleh dari makanan seperti buah dan sayuran.

 

Pepaya

Buah yang murah dan mudah didapatkan ini tidak hanya mempunyai rasa yang manis, tapi juga merupakan sumber antioksidan yang baik, seperti karotenoid, vitamin C, dan flavonoid. Nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Agar proteksi si Kecil lebih optimal, Bunda bisa memasukkan pepaya dalam resep makanan balita.

Bunda, baca juga artikel ini : Nutrisi Seimbang dalam Menu Harian Si Kecil

 

Bayam

Selain buah dan umbi-umbian, sumber antioksidan dapat diperoleh dari sayuran hijau seperti bayam. Antioksidan yang terkandung di dalamnya berupa vitamin C, E, karotenoid dan zink. Semua nutrisi tersebut memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh, khususnya kesehatan mata.

 

Wortel

Bukan hanya bayam, sayuran yang juga mengandung antioksidan adalah wortel. Warna oranye pada wortel disebabkan karena kandungan betakaroten yang tak lain adalah antioksidan dalam wortel. Selain betakaroten, antioksidan lainnya berupa vitamin C. Manfaat paling baik dari kedua nutrisi tersebut adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata.

Pastinya Bunda tidak terlalu sulit kan mendapatkan maupun mengolah sumber makanan tersebut. Jelajahi pula cara membuat resep makanan balita dengan bahan ini. Hidangkan olahan yang lezat dan bergizi buat si Kecil ya, Bunda.