Nutrisi

Kembang Kol Ungu untuk Tumbuh Kembang Otak Si Kecil

11-11-2020

Kembang Kol Ungu untuk Tumbuh Kembang Otak Si Kecil

Bunda tentu sudah tahu bila tumbuh kembang si Kecil yang optimal sangat ditentukan oleh asupan makanannya sejak masih di dalam kandungan hingga lahir dan tumbuh besar. Begitu pula dengan perkembangan otaknya. Menurut Ika Prasetya Aning dan Yohanes Kristianto dalam buku 234+ Resep MPASI untuk Tumbuh Kembang Otak Anak, setidaknya ada 10 bahan makanan yang mendukung perkembangan otaknya. Yakni:

1. Telur

Telur merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan utama zat gizi yang bagus untuk otak, yaitu: coline, omega-3, zink, dan lutein. Bunda bisa memberikan telur dalam berbagai bentuk dan sajian untuk si Kecil. Seperti telur rebus, dadar, mata sapi, orak-arik, atau mencampurkannya dalam masakan yang lain. Namun bila terjadi reaksi alergi telur padanya, sebaiknya Bunda mengurangi porsi santapan telur itu.

 

2. Yoghurt yunani

Yoghurt yunani memiliki kandungan protein yang lebih banyak ketimbang yoghurt biasa. Untuk si Kecil, Bunda bisa menyajikan yoghurt yunani dengan topping buah segar. Ini akan menjadi camilan atau pencuci mulut yang segar untuknya.

 

3. Sayuran hijau

Dari sayuran hijau, Bunda bisa mendapatkan beragam nutrisi. Misalnya saja vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan asam folat. Bagi si Kecil, kandungan asam folat itulah yang akan berpengaruh baik pada otaknya. Untuk itu, Bunda bisa memilih sayuran hijau berwarna tua, seperti bayam.

 

4. Kembang kol ungu

Mungkin Bunda masih kurang familiar dengan kembang kol ungu, karena biasanya yang banyak di pasaran adalah kembang kol putih. Namun tahukah Bunda, ternyata kandungan gizi yang baik untuk otak ada dalam kembang kol ungu. Sebab sayuran ini kaya akan serat, tinggi folat dan vitamin B6 yang bagus untuk daya ingat, serta kadar gula yang rendah. Untuk penyajiannya, Bunda bisa mencampurkan kembang kol ungu ke dalam sajian sup ayam.

 

5. Ikan

Ikan merupakan sumber omega-3 yang paling baik. Selain itu, ikan juga mengandung banyak vitamin D. Karenanya, jangan segan untuk selalu menyajikan ikan sebagai makanan untuk si Kecil, ya Bunda.

 

6. Daging sapi

Bunda untuk memberikan daging sapi kepada si Kecil, sebaiknya pilih yang tanpa lemak. Karena daging berjenis ini sarat akan zat besi dan zink yang baik untuk pertumbuhan otak. Apalagi kandungan zink bisa membantu meningkatkan daya ingat anak.

 

7. Kacang dan biji-bijian

Kacang dan biji-bijian mengandung banyak protein, vitamin E, dan antioksidan. Seluruh zat tersebut sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhan otak si Kecil. Dalam keseharian, Bunda bisa menyajikannya sebagai camilan sehat di rumah. Sehingga ia pun tidak terbiasa jajan sembarangan.

 

8. Oatmeal

Oatmeal banyak mengandung vitamin A, B, serta potassium dan zink membantu mengoptimalkan kerja otak si Kecil. Dalam keseharian, Bunda bisa menyajikan oatmeal sebagai menu sarapan atau mengolahnya menjadi kue sebagai cemilan sore. Selain sehat, ia juga akan terbiasa menyantap makanan rumah.

 

9. Apel

Buah apel memiliki kandungan serat dan zat penting seperti antioksidan, vitamin A, folat, mineral kalium, kalsium, fosfor, dan mineral lainnya. Untuk penyajian, Bunda bisa membuatnya menjadi jus, buah utuh, atau smoothies dengan campuran beberapa buah lainnya.

 

10. Kunyit

Mungkin yang Bunda tahu, kunyit hanya berfungsi sebagai bumbu dapur. Namun sesungguhnya rempah-rempah ini mengandung curcumin yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si Kecil. Untuk sajian, Bunda bisa mencampurkan kunyit dalam olahan ayam, seperti opor.

 

Dancow bantu lindungi eksplorasi si Kecil #DANCOWLindungi