Nutrisi

Gizi Seimbang, Dukung Pertumbuhan Optimal

06-11-2020

Gizi Seimbang, Dukung Pertumbuhan Optimal

Hingga usia lima tahun, Si Buah Hati mengalami tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang luar biasa cepat. Perkembangan fisik dan kecerdasan itu Si Buah Hati tidak hanya dipengaruhi oleh faktor stimulasi yang Bunda berikan, tetapi juga pemberian makanan. Sebab bila Si Buah Hati kekurangan gizi akan berdampak pada gangguan pertumbuhan dan perkembangan otaknya. Makanan bergizi seimbang ini harus terdiri dari jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan ideal.

Memberikan makanan bergizi seimbang pada Si Buah Hati mungkin menjadi tantangan bagi Bunda. Apalagi ketika Si Buah Hati mulai menolak dan hanya ingin makan satu jenis makanan yang itu-itu saja itu saja. Bila begitu, Bunda sebaiknya memberikan makanan dengan mengkreasikan resep dan jenis makanan.

Misalnya, Si Buah Hati tidak mau memakan telur dan susu, Bunda dapat mengolahnya menjadi pancake. Dengan olahan nan berbeda, Si Buah Hati tetap memperoleh asupan nutrisi yang memadai. Untuk membantu Si Buah Hati makan dengan baik, cobalah Bunda memberi satu dari masing-masing kelompok makanan berikut setiap hari:

1. Makanan mengandung karbohidrat

Bunda bisa berikan makanan ini sebagai menu utama atau kudapan Si Buah Hati. Yang termasuk jenis makanan ini adalah: beras, sereal, pasta, beras, kentang, dan ubi jalar, ubi.

2. Buah dan sayur-sayuran

Jenis panganan ini sangat penting karena mengandung banyak vitamin dan mineral untuk pertumbuhan Si Buah Hati. Bunda dapat mengkreasikan buah dan sayur dengan bentuk yang menarik seperti kreasi bento agar Si Buah Hati lahap menyantapnya. Biasakan memberikan buah sebagai kudapan untuk Si Buah Hati, sekitar 15 menit usai makan nasi. Jangan terlalu dekat dengan waktu makan utama, agar pencernaannya tidak bekerja berat.

3. Makanan tinggi zat besi dan protein

Si Buah Hati perlu mendapat asupan yang tinggi protein dan zat besi, dua kali atau tiga kali sehari. Beberapa sumber makanan yang mengandung protein dan zat besi terbaik adalah: daging, ikan, telur, kacang tanah dan produk kacang, seperti selai kacang atau mentega almond.

4. Produk susu

Produk susu mengandung kalsium yang berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Idealnya, Si Buah Hati menyantap tiga asupan susu atau produk olahannya seperti keju dan yogurt. Sementara susu pertumbuhan yang mengandung minyak ikan (sumber DHA), omega 3 (asam α-linoleat), dan omega 6 (asam linolenat) membantu memenuhi kebutuhan gizi Si Buah Hati untuk mendukung pertumbuhan yang optimal.

Kebutuhan beragam zat gizi ini bisa bunda dapatkan di susu DANCOW 5+ Nutritods. Susu pertumbuhan ini sudah mengandung 0 gram sukrosa, tinggi zink, vitamin C, vitamin B6, B12, biotin, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus.

DANCOW Bantu Lindungi Eksplorasi Si Buah Hati