Stimulasi

Menjaga Daya Tahan Tubuh Si Kecil Lewat Olahraga

11-11-2020

Menjaga Daya Tahan Tubuh Si Kecil Lewat Olahraga

Naiknya angka kejadian obesitas pada anak-anak menyadarkan orang tua untuk berperan aktif dalam memberikan perlindungan bagi kesehatannya. Tidak cukup hanya makan makanan sehat dan bergizi, tapi juga harus diimbangi dengan olahraga secara teratur.

Situs PBS Parents menyebutkan beberapa manfaat yang dapat dipetik jika si Kecil aktif berolahraga, di antaranya terhindar dari obesitas, menurunkan risiko diabetes tipe 2, mengurangi kolesterol dan tekanan darah, menstimulasi penghargaan terhadap diri sendiri, mempunyai tulang dan otot yang kuat, serta memiliki kemampuan memori maupun atensi yang lebih baik.

Gunakan cara-cara berikut ini untuk mendorong si Kecil melakukan aktivitas fisik:

Optimalkan Aktifitas Fisiknya

Olahraga tidak akan terasa berat jika dilakukan dengan hati yang senang. Berikanlah kesempatan dan kekebasan untuk memilih jenis olahraga yang disukainya dan dukung stimulasinya. Bila si Kecil memilih berenang, temani saat akhir pekan dan sediakan perlengkapan yang dibutuhkan. Berikan semangat dan pujian agar si Kecil tetap termotivasi melakukan aktivitas fisik.

Mengajak si Kecil untuk mengisi waktu dengan bermain bola atau sekedar menari dengan iringan musik favoritnya juga dapat menjadi aktifitas pilihan. Tidak harus pergi ke luar rumah kok untuk mendapatkan badan sehat dan bugar. The American Heart Association merekomendasikan anak-anak berusia 2 tahun ke atas untuk melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari.

Jadilah Panutan yang Baik

Dalam dunia parenting, orang tua adalah guru terbaik. Si Kecil akan terdorong untuk berolahraga secara teratur jika melihat orang tuanya melakukan hal yang sama. Ajaklah ia untuk bermain dan bereksplorasi di luar rumah, sekedar berjalan-jalan di taman, atau bersepeda bersama-sama.

Alternatif Tujuan Berlibur

Biasanya, untuk mengisi hari libur atau akhir pekan, Bunda akan mengajak anak-anak ke pusat perbelanjaan. Kali ini, ganti tujuan dengan mengajaknya ke taman bermain, hutan kota, atau pantai terdekat untuk mendapatkan suasana yang baru, udara segar, dan sinar matahari yang baik bagi kesehatan tubuh.