Parenting

Cerdas Menggunakan Gadget untuk Si Kecil dan Bunda

10-11-2020

Cerdas Menggunakan Gadget untuk Si Kecil dan Bunda

Perkembangan teknologi yang pesat membuat gadget tidak bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Selain untuk mencari informasi dan menunjang proses belajar, anak-anak kebanyakan sudah fasih memainkan jari merambah dunia maya.

Agar kesehatan mata tetap terlindungi, cukupi asupan nutrisi vitamin A  dengan rajin memakan buah dan sayuran karena vitamin A dapat membantu mempertahankan keutuhan lapisan permukaan mata si Kecil. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga mata tetap sehat walau hobi bermain gadget. Simak ulasan lengkapnya berikut ini ya, Bunda.

Batasi Pemakaian Gadget

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan agar screen time tidak dilakukan lebih dari 2 jam per hari untuk si Kecil yang berusia di atas 2 tahun. Screen time di sini termasuk menonton TV dan melihat layar gadget. Batasan tersebut akan memberikannya waktu lebih untuk membaca, bermain, dan bereksplorasi di luar rumah, sehingga tumbuh kembangnya tetap optimal. Penting bagi Bunda untuk membatasi pemakaian gadget agar memiliki waktu untuk beraktivitas dan bersosialisasi di luar rumah.

Berikan Contoh

Lakukan hal-hal sederhana seperti mematikan smartphone dan TV saat menghabiskan waktu bersama keluarga, misalnya saat makan malam. Bisa juga dengan mengajaknya melakukan aktivitas fisik baik sekedar berkebun di luar rumah atau sekadar berjalan-jalan pagi di sekitar rumah. Rachel Ehmke, MA, psikolog anak yang juga penulis parenting berpengalaman dari Child Mind Institute menekankan perilaku si Kecil yang selalu menonton dan mempelajari kebiasaan orang tua.

Kontrol Pemakaian Gadget

Orang tua punya kuasa untuk mengatur jadwal pemakaian gadget dan durasi berada di depan layar elektronik. Caranya bisa dimulai dengan mengeluarkan TV atau Komputer dari kamar tidur si Kecil dan batasi pemakaiannya hanya di ruang keluarga agar memudahkan pengawasan dan juga menjadi sarana meningkatkan kedekatan. Dampingi setiap kali menonton atau bermain video game untuk membatasi paparan terhadap isi media yang tidak sesuai dengan umurnya.

Semoga tips-tips di atas dapat menambah pengetahuan Ayah dan Bunda tentang cara-cara menjaga kesehatan mata si Kecil yang hobi bermain gadget.