Stimulasi

Cegah Munculnya Biang Keringat di Kulit Si Kecil

06-11-2020

Cegah Munculnya Biang Keringat di Kulit Si Kecil

Biang keringat yang juga dikenal dengan nama Miliaria adalah gangguan yang sering dialami bayi, terutama yang mencapai tahapan usia 1+. Biang keringat biasanya akan menghilang dengan sendirinya. Meski begitu, diperlukan pemahaman yang lebih mendalam agar bisa melakukan pencegahan semaksimal mungkin. Maka dari itu, simak dulu ulasannya berikut ini.

Faktor-Faktor Penyebab Biang keringat

Menurut situs Mayo Clinic, biang keringat terjadi ketika saluran keringat tersumbat sehingga keringat tidak bisa dikeluarkan dari bawah kulit, menyebabkan peradangan dan ruam. Bayi baru lahir biasanya rentan terkena biang keringat karena saluran keringat belum berkembang sepenuhnya, terutama jika sedang berada dalam inkubator, mengenakan pakaian terlalu tebal, atau sedang demam.

Aktifnya si Kecil bermain dan berekplorasi untuk mengembangkan kemampuan kognitif di cuaca yang panas dan lembab, dapat menstimulasi munculnya biang keringat di kulit anak. Selain itu, alergi krim produk perawatan bayi dan jenis pakaian dapat menyebabkan biang keringat, demikian pernyataan situs New health Guide.

Gejala Biang Keringat

Biang keringat bisa terjadi pada semua orang, tidak hanya anak-anak yang lazimnya ditemukan. Lawrence Gibson, MD, ahli dermatologi dari Mayo Clinic, menyebutkan gejala biang keringat terjadi pada bagian tubuh yang berbeda. Bahkan, inilah yang membedakan biang keringat yang terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Bila terjadi pada si Kecil, biang keringat akan lebih mudah ditemukan pada bagian leher, bahu dan dada dengan wujud seperti ruam. Bisa juga terjadi pada bagian ketiak, lipatan siku dan pangkal paha. Sementara, pada orang dewasa biang keringat lebih berbentuk ruam yang disertai rasa panas. Daerah yang sering terjadi pada lipatan kulit, terutama yang mudah bergesekan dengan pakaian, seperti pangkal paha.

Perawatan dan Pencegahan Biang keringat

Biang keringat dapat menyebabkan anak rewel. Tunjukkan cinta Bunda dengan memberikan pakaian longgar dan ringan untuk memudahkan keringat keluar dari tubuh, gunakan AC atau kipas angin untuk menghalau cuaca panas agar badan tidak mudah berkeringat, mandikan dengan air hangat dan biarkan kering secara alami, serta oleskan calamine lotion untuk proteksi dari gatal-gatal dan iritasi kulit.

Semoga tips di atas dapat memberikan pengetahuan pada Bunda tentang biang keringat pada si Kecil.