Nutrisi

4 Tips Mengolah Umbi-umbian untuk Si Buah Hati

09-11-2020

Tidak Keras Tidak Lunak, Tepat Mengolah Sayuran Umbi-Umbian

Kegiatan Si Buah Hati pada tahapan usia 5+ bisa menjadi dunia yang menyenangkan dan sedang padat-padatnya. Untuk membantunya melewati proses belajar dan mengoptimalkan tumbuh kembang, Bunda perlu memberikannya makanan bernutrisi yang seimbang, termasuk memasukkan sayuran dan buah-buahan dalam menu hariannya.

Tentu saja, Bunda bisa memberikan sayuran kaya karbohidrat, vitamin, mineral serta antioksidan seperti umbi-umbian untuk Si Buah Hati. Namun perlu Bunda catat, umbi-umbian memiliki tekstur yang cukup keras dan terkadang, membuat Si Buah Hati enggan menyantapnya. 

Namun tak perlu khawatir, Bunda bisa mengikuti cara mengolah beberapa jenis sayur umbi-umbian dengan tepat. Berikut selengkapnya.

Wortel

Selain enak dimakan langsung, wortel yang kaya betakaroten ini mempunyai rasa sedikit manis dan dapat diolah dengan menggunakan aneka proses pemasakan. Pertama-tama, bersihkan dan kupas kulitnya kemudian iris tipis-tipis dengan ukuran yang seragam agar mempunyai waktu pemasakan yang sama. Bunda dapat merebusnya selama 4-6 menit, mengukusnya 5-7 menit, atau memanggangnya selama 30 menit.

Ubi Manis

Sayur umbi yang satu ini memiliki rasa super manis, kaya betakaroten yang memberikan perlindungan pada kesehatan mata, dan tinggi karbohidrat komplek yang dapat memberikankan energi bagi Si Buah Hati untuk bermain dan bereksplorasi serta mengembangkan kemampuan kognitifnya. Cuci ubi manis di bawah aliran air, kupas kulitnya atau membiarkannya, kemudian potong-potong dalam ukuran yang seragam. Teknik pengolahannya pun bervariasi, mulai dari menggoreng, mengukusnya selama 8-12 menit, atau merebusnya.

Kentang

Kentang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang cocok menggantikan nasi atau roti. Teknik pengolahannya pun bermacam-macam, mulai dari menggoreng, mengukus, merebus, dan memanggangnya. Awali dengan menyikat kulitnya, kemudian potong-potong sesuai selera atau biarkan utuh. Untuk mempercepat proses pemasakan, tusuk-tusuk kentang dengan garpu atau bungkus menggunakan alumunium foil, khusus untuk proses pemanggangan.

Lobak

Umbi berwarna putih yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Umbi ini dapat memberikan perlindungan dari dalam terhadap penyakit. Awali dengan membersihkan dan mengupas kulitnya, kemudian potong-potong sesuai bentuk yang diinginkan. Pilih metode pemasakan yang bisa dilakukan, seperti dipanggang, dikukus, direbus, dan ditumis. Berikan tambahan olive oil, garam, dan perasan jeruk lemon untuk memberikan tambahan rasa.

Selain melakukan kegiatan di atas, Bunda bisa memberikan Si Buah Hati DANCOW 5+ Nutritods yang mengandung 0 gram sukrosa, tinggi zinc, vitamin C, vitamin B6, B12, biotin, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus.

Serunya mengolah aneka sayuran berumbi dengan aneka teknik memasak yang bisa dipilih. Selamat memasak ya, Bunda.