Nutrisi

Kandungan Sehat Bubur Ayam untuk Buah Hati

06-11-2020

Enaknya Bubur Ayam, Menu Makanan Sehat untuk Anak Balita di Pagi Hari

Sarapan sehat dengan menu makanan anak pada pagi hari tak harus melulu dengan nasi maupun roti. Semangkuk bubur ayam juga bagus disajikan sebagai menu makanan sehat untuk anak usia prasekolah.

 

Membiasakan Si Buah Hati untuk sarapan setiap hari adalah bekal yang baik untuk memberikan energi untuk bermain, bereksplorasi, dan menunjang proses belajar, maupun tumbuh kembangnya. Semangkuk bubur ayam yang hangat baik disajikan sebagai makanan sehat untuk anak untuk makan pagi. Simak kandungan kalori dan nutrisinya berikut ini ya.

 

1. Kalori

Kebutuhan kalori anak-anak berbeda setiap usianya. Menurut Departemen Gizi Kemenkes RI, kebutuhan kalori anak-anak berusia 3 tahun hingga 5 tahun baik laki-laki maupun perempuan mulai 1200-1800 kal/hari. 

 

Jumlah tersebut dari makanan anak terbagi dari 10-30% asupan protein, 45-65% dari karbohidrat dan 25-35% dari lemak. Asupan kalori didapatkan dari pembakaran karbohidrat, lemak, dan protein. Semangkuk bubur ayam biasa menghasilkan rata-rata kebutuhan energi total harian sebanyak 372 kkal.

 

2. Protein

Salah satu sumber protein yang bisa ditemukan dalam semangkuk bubur ayam adalah daging ayam. Menurut Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS), Departemen Gizi Kemenkes RI, satu porsi bubur ayam biasanya setara 240 gram mengandung 372 kkal. 

 

Dari jumlah tersebut terdapat daging ayam yang bisa menyumbangkan protein sebanyak 27,65 gram. Bunda dapat menambahkan beberapa suwiran ayam agar lebih lahap dimakannya. 

 

3. Karbohidrat

Sebagai menu makanan anak pengganti nasi, bubur ayam merupakan sumber karbohidrat. Dari total kalori sebanyak 372 kkal per 240 gram porsi sajian, kandungan karbohidrat dalam bubur ayam sebanyak 36,12 gram. Dengan jumlah karbohidrat tersebut, Si Buah Hati bisa kenyang meski tidak sarapan menggunakan nasi putih.

 

4. Lemak

Seperti halnya makanan lain, bubur ayam juga menyumbangkan lemak. Melansir dari PUGS, Semangkuk porsi bubur ayam sebanyak 240 gram, mengandung lemak sebanyak 12,39 gram. Mengganti suwiran ayam goreng dengan ayam kukus juga bisa mengurangi jumlah lemak dalam bubur ayam. Semakin sedikit gorengan, semakin sehat menu sarapan yang dihidangkan untuk Si Buah Hatil.

 

Lengkapi kebutuhan nutrisi harian dari makanan anak Si Buah Hati dengan DANCOW 3+ Nutritods. Produk DANCOW ini merupakan susu pertumbuhan yang diformulasi untuk usia prasekolah 3-5 tahun. Kelebihannya adalah  mengandung 0 gram sukrosa, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3, omega 6, serat pangan, tinggi vitamin A, vitamin  C, Lactobacillus rhamnosus, serta mikronutrien lainnya. 

 

Pastinya, dengan tambahan susu DANCOW 3+ Nutritods Si Buah Hati akan cepat kenyang dan proses tumbuh kembangnya akan terbantu. Berikan ketika sarapan, ya.