Nutrisi

Alpukat Berjuta Khasiat

06-11-2020

Alpukat Berjuta Khasiat

Si Kecil membutuhkan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat menunjang tumbuh kembang, proses belajar, dan perkembangan kemampuan kognitifnya. Nutrisi yang penting bagi tubuh tersebut bisa didapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Sayangnya, anak-anak cenderung menolak memakannya karena rasa dan penampilan yang kurang menarik.

Salah satu buah yang punya sejuta manfaat adalah alpukat. Selain bergizi tinggi, alpukat dapat diolah menjadi berbagai makanan yang lezat dan digemari si Kecil. Yuk, simak penjelasan berikut ini tentang manfaatnya bagi tubuh.

Lemak Baik

Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, Kementrian Pertanian RI menyebut tekstur daging yang lembut dan tebal dari alpukat ternyata mengandung lemak baik yang bermanfaat. Lemak pada alpukat berupa lemak tak jenuh tunggal berupa asam oleat atau omega-9. Lemak ini tergolong lemak sehat karena bisa meningkatkan High Density Lipoprotein. Menurut Tabel Komposisi Pangan Indonesia (TKPI) satu buah alpukat mengandung lemak baik sebanyak 6,50 gram per 100 gramnya. Selain lemak, dalam daging buah alpukat juga terdapat serat. Menurut TKPI per 100 gram berat buah alpukat mengandung serat sebanyak 1,40 gram.

Vitamin

Di samping lemak dan juga serat, alpukat masih menyimpan kandungan vitamin yang beragam. Menurut TKPI, setiap 100 gram berat buah alpukat menyimpan vitamin C sebanyak 13 mg. Terdapat juga vitamin B1 sebanyak 0,05 mg per 100 gram buahnya. Sedangkan kalori yang dihasilkan dalam 100 gram buah alpukat menurt TKPI sebanyak 85 Kalori.

Mineral

Nutrisi lain yang juga terkandung dalam alpukat adalah mineral. Berdasarkan data TKPI, setiap 100 gram berat buah alpukat dapat menyumbang kalsium sebanyak 10 mg. Selain itu, juga ditemukan zat besi sebanyak 0,9 mg. Mineral yang paling besar yang terkandung dalam buah alpukat, sesuai dengan data TKPI, adalah fosfor. Jumlahnya sebanyak 20 mg per 100 gram.

Buah alpukat dapat dimakan langsung juga bisa dijadikan smoothie yang lezat. Agar lebih bergizi, tambahkan segelas susu ke dalamnya. Melihat banyaknya manfaat bagi kesehatan si Kecil, dukung stimulasinya dengan memperkenalkan alpukat sejak dini dan olah menjadi aneka sajian lezat.