Parenting

Agar Lelap Si Kecil Berkualitas

09-11-2020

Agar Lelap Si Kecil Berkualitas

Bunda, tidur berkualitas sangatlah penting bagi si Kecil. Karena tidur bukanlah momen istirahat semata. Kala tidur, tubuh si Kecil juga mengalami perkembangan optimal. Meski tidur pulas penting, ada pula anak yang mengalami gangguan tidur dan terbangun tiga sampai empat kali dalam satu malam. Bahkan terkadang mereka suka berpindah tidur ke tempat tidur orang tua, gelisah, marah-marah, dan menangis sebelum tidur. Penyebab mereka rewel pun beragam. Bisa karena terlalu lelah, suhu ruang yang terlalu panas atau dingin, atau suara bising di sekitar rumah. Lalu bagaimana agar si Kecil bisa tertidur pulas? Begini caranya, Bunda:

1. Beri makan dan minum yang cukup 

Ketika si Kecil sulit tidur atau mudah terbangun, Bunda sebaiknya memperhatikan porsi makannya. Bisa jadi, ia masih merasa lapar. Namun karena belum bisa mengungkapkannya, yang muncul adalah ekspresi gelisah, mudah terbangun kala tidur, atau rewel. Bisa pula Bunda selalu menyediakan air putih di kamar. Sehingga kala si Kecil terbangun dan menangis, Bunda bisa memberikannya minum. Tak berapa lama, ia pun akan kembali terlelap.

2. Buang air sebelum tidur

Celana basah dan kotor bisa mengganggu tidur si Kecil. Karena itu, usahakan agar si Kecil buang air sebelum tidur, sehingga tidak mengompol. Sehingga ia tidak terganggu dengan kelembaban celana dan pulas hingga pagi.

3. Bersihkan badan

Tubuh lengket karena keringat dan kotor sehabis makan atau bermain gampang membuat kulit si Kecil gatal-gatal, hingga mengganggu tidurnya. Karena itu, ada baiknya Bunda menyeka tubuh si Kecil dengan kain basah sebelum tidur dan keringkan dengan handuk lembut. Cara itu bisa membuat si Kecil nyaman dan cepat tertidur.

4. Memilih baju tidur yang nyaman

Sebelum si Kecil tidur, gantilah pakaiannya dengan yang bersih dan berbahan nyaman. Sesuaikan pula ukuran baju dengan tubuhnya. Jangan terlalu besar, tapi juga tidak kekecilan. Baju tidur yang nyaman akan membantu si Kecil terlelap semalaman.

5. Atur suasana kamar

Pengaturan ini penting agar ruangan nyaman untuk tempat tidur si Kecil. Ini meliputi tata cahaya, ventilasi, tata warna, suhu, dan aman dari serangga yang bisa menggigit atau membuat gatal kulitnya. Tapi hati-hati saat menggunakan pewangi ruangan dan obat pengusir nyamuk ya Bunda. Karena dapat membuatnya sesak napas.

Selain itu, Bunda bisa pula melakukan sejumlah rutinitas agar si Kecil merasa nyaman dan rileks, sebelum tidur. Sepeti menceritakan dongeng, bernyanyi dengan suara lembut, juga menentukan waktu tidur teratur yang akan menjadi pola tidurnya. Dengan begitu, tubuh si Kecil sudah mengeluarkan alarm mengantuk atau keinginan untuk tidur, di jam-jam rutinitasnya. Di tahap ini, sebaiknya Bunda juga membiasakan si Kecil agar belajar tidur sendiri. Sehingga ia tumbuh menjadi anak mandiri.

DANCOW Bantu Lindungi Eksplorasi si Kecil