Nutrisi

5 Tahun, Usia Si Kecil Rawan Akan Kekurangan Gizi

14-11-2020

5 Tahun, Usia Si Kecil Rawan Akan Kekurangan Gizi

Usia 5 tahun adalah momen bagi Bunda untuk selalu memperhatikan asupan gizi si Kecil. Sebab menurut situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, si Kecil yang berumur 5 tahun masuk ke kelompok rawan gizi, bersama dengan bayi, anak usia sekolah, ibu hamil, ibu menyusui, dan orang lanjut usia.

Si Kecil masuk kelompok rawan gizi karena aktivitasnya sudah lebih pesat ketimbang usia sebelumnya. Ia pun lebih aktif mengeksplorasi lingkungan sekitar. Aktivitas fisik yang semakin tinggi itu didorong rasa ingin tahunya yang terus bertambah. Di sisi lain, nafsu makan si Kecil bisa jadi menurun karena mungkin lebih tertarik bermain atau bosan dengan menu makanan.
Bila saja si Kecil kekurangan gizi, tumbuh kembangnya pun akan terganggu. Sebab di masa itu daya tahan tubuh si Kecil masih rentan terhadap penyakit.

Untuk mengantisipasinya, Bunda harus memastikan menu santapan si Kecil telah mencukupi Angka Kecukupan Gizi (AKG). Berdasarkan standar Kementerian Kesehatan, AKG per hari bagi si Kecil di usia 5 tahun adalah 1550 kilokalori (Kkal). AKG tersebut mencakup kebutuhan karbohidrat sebesar 1300 Kkal, protein 35 gram, mineral, serta vitamin yang mendukung pertumbuhan otak si kecil. Seperti yodium, kalsium, zinc, asam folat, zat besi, vitamin A, B, C, D, E, dan vitamin K.

Semua kebutuhan si Kecil itu bisa Bunda penuhi dengan memberikannya menu harian seimbang dan mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral. Selain dari makanan, Bunda bisa memenuhi kebutuhan gizi si Kecil dengan DANCOW5+ EXCELNUTRI+, inovasi terbaru dari Nestlé Research Centre. Diperuntukkan khusus bagi si Kecil yang berumur 5-12 tahun, DANCOW5+ EXCELNUTRI+ mengandung nutrisi untuk mendukung pertumbuhan si Kecil.

Jika kebutuhan gizi terpenuhi, Bunda tak perlu khawatir lagi bila si Kecil mengeksplorasi keingintahuannya dengan berbagai permainan yang membutuhkan energi besar, aktivitas fisik, atau permainan yang melibatkan tanah.

DANCOW Bantu Lindungi Eksplorasi si Keci