Nutrisi

5 Kriteria Susu Anak 5 Tahun, Bunda Sudah Tahu?

22-04-2022

5 Kriteria Susu Anak 5 Tahun, Bunda Sudah Tahu?

Tahukah Bunda bahwa untuk toddler dan anak usia prasekolah, minuman sehat yang dianjurkan adalah air putih dan susu?

 

Jika air putih karena dapat menghidrasi tubuh Si Buah Hati tanpa ada tambahan apa pun di dalamnya, maka susu menjadi pilihan karena memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga dapat membantu melengkapi pemenuhan kebutuhan gizinya.

 

Lalu, seperti apa susu anak 5 tahun yang tepat? Pastikan memenuhi kriteria ini, ya Bunda!

 

  1. Menjadi Sumber Protein Hewani Berkualitas

Dalam Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan RI, susu dimasukkan dalam kelompok sumber protein hewani. Sebagai perbandingan, 20 gram susu bubuk memiliki kandungan protein yang setara dengan seekor ikan segar.

 

Protein di dalam susu merupakan protein lengkap karena mengandung sembilan asam amino esensial. Semua sel di tubuh memiliki kandungan protein, karena itu, asupan protein berkualitas dalam jumlah yang adekuat penting agar tubuhnya berfungsi dengan optimal serta agar ia dapat menjalani tumbuh-kembang dengan optimal.

 

Maka dari itu, pastikan susu anak 5 tahun yang Bunda pilih memiliki kandungan protein yang tinggi.

 

  1. Mendukung Pertumbuhan

Pertumbuhan Si Buah Hati ditandai dengan perubahan fisiknya. Pada anak umur tiga tahun ke atas, pertumbuhan dipantau dengan mengukur tinggi badan, berat badan, dan indeks massa tubuh, semuanya dengan mempertimbangkan umur dan jenis kelamin.

 

Susu secara alami mengandung gizi yang dapat membantu pertumbuhan Si Buah Hati, yaitu kalsium dalam jumlah yang tinggi, potasium, fosfor, zink, dan Vitamin A. Jika difortifikasi dengan Vitamin D, maka susu tinggi kalsium untuk anak dapat memberi manfaat optimal bagi pertumbuhan tulang dan gigi serta membantu menjaga kesehatan jantung.

 

  1. Mendukung Perkembangan

Perkembangan ditandai dengan meningkatnya kemampuan anak dalam melakukan keterampilan, yang terbagi menjadi perkembangan sosial-emosional, komunikasi-bahasa, kognitif, serta motorik.

 

Perkembangan Si Buah Hati juga berlangsung dengan pesat pada usia 0-5 tahun. Jika Bunda mencari susu untuk dukung daya ingat anak, yang berkaitan dengan perkembangan kognitifnya, maka pilih susu dengan kandungan gizi berupa asam lemak, asam folat, Vitamin B12, biotin, zat besi, kolin, dan iodium.

 

  1. Mendukung Fungsi Sistem Imun

Sistem imun tubuh Si Buah Hati yang masih terus berkembang sampai ia dewasa butuh dukungan berupa asupan gizi yang seimbang. Dengan demikian, sistem imunnya dapat optimal dalam melindungi tubuh dari serangan kuman dan parasit dari lingkungan, sekaligus terus belajar dan beradaptasi terhadap munculnya kuman dan parasit baru. Kandungan gizi berupa zink yang terkandung alami di susu sapi, Vitamin A, C, dan D, dan tambahan bakteri probiotik sangat membantu sistem imun tubuh berfungsi optimal.

 

  1. Membantu Menjaga Berat Badan

Susu dikenal dapat membantu berat badan tetap stabil karena memiliki kandungan protein, asam lemak, dan kalsium yang berperan melakukannya. Untuk susu anak 5 tahun, sebisa mungkin Bunda pilih susu dengan kandungan gula tambahan dalam jumlah sangat kecil, bahkan yang tanpa gula tambahan.

 

Asupan gula yang berlebih pada anak-anak berpotensi membuatnya memiliki berat badan berlebih yang tak baik dampaknya bagi kesehatan. Sukrosa berlebih juga berpotensi untuk merusak gigi.

 

Untuk Si Buah Hati, Bunda bisa memilihkan Dancow 5+ Nutritods.

 

Susu bubuk ini mengandung 0 gram sukrosa serta gizi esensial berupa Vitamin B6, B12, dan Biotin, minyak ikan (DHA) serta asam lemak omega-3 dan 6, juga tinggi Vitamin C dan zink ditambah Lactobacillus rhamnosus.

 

Setelah paham lima kriteria memilih susu anak 5 tahun, maka Bunda tak akan ragu lagi memberikan Dancow 5+ Nutritods untuk Si Buah Hati.

 

Referensi: