Parenting

3 Tips Menjaga Kesehatan Si Buah Hati

06-11-2020

Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak

Kesehatan anak merupakan hal penting dan menjadi fokus bagi para orang tua. Berawal dari kesehatan mata yang merupakan organ dan indera vital manusia, karena informasi tentang dunia sekitar seperti bentuk, warna, dan gerakan diambil oleh mata dan dikirimkan ke otak untuk diproses. 

Oleh karena itu, kesehatan mata penting untuk menunjang kegiatan bereksplorasi, peningkatan kemampuan kognitif, proses belajar dan tumbuh kembang anak. Berikut adalah tips kesehatan untuk menjaga kesehatan mata Si Buah Hati dari kerusakan.

1. Gunakan Kacamata Hitam

Terlalu banyak cahaya dapat merusak kesehatan pada anak, karena dapat menyebabkan masalah penglihatan di kemudian hari, seperti katarak. Penyakit ini terlihat seperti bayangan putih di lensa mata yang mencegah cahaya mencapai retina dan membuatnya sulit melihat, seperti yang dilansir di situs Kid’s Health

Penting untuk selalu memilihkan Si Buah Hati kacamata hitam yang nyaman dipakai olehnya dengan ukuran yang sesuai.

2. Cek Kesehatan Mata

Dokter anak dari DuPont Hospital for Children, Jonathan H. Salvin, MD, menyarankan untuk menjaga kesehatan anak dengan melakukan pemeriksaan kesehatan mata secara berkala, terutama jika Bunda melihat tanda-tanda Si Buah Hati seperti sering menggosok mata, mata memerah, sering pusing, memiringkan kepala saat menonton televisi, atau kesulitan melihat tulisan di papan tulis. 

Biasanya dokter mata akan memberikan sejumlah tes untuk memastikan mata tidak menderita gangguan penglihatan seperti rabun jauh maupun dekat.

3. Menjaga Kesehatan Mata dengan Makanan

Selain dengan memeriksa kesehatan mata secara rutin, Bunda juga perlu memberikan beberapa sumber makanan yang bisa menunjang kesehatan Si Buah Hati. Steven Pratt, MD, penulis buku Super Health dari Amerika Serikat, menjelaskan makanan yang mengandung antioksidan seperti lutein, omega-3, vitamin A, C dan E tak hanya baik untuk meningkatkan kesehatan anak saja, tetapi juga bisa menghindarkan mata dari beragam gangguan kesehatan sejak usia dini. 

Dr Pratt menyebutkan sumber nutrisi yang baik untuk menunjang kesehatan mata dapat diperoleh dari bayam, ikan Salmon, walnut, berries, brokoli dan juga kedelai.

Bunda juga dapat melakukan beberapa penanganan untuk mencegah gangguan penglihatan Si Buah Hati sejak dini yaitu dengan mengatur penggunaan TV dan gadget, memberikan makanan sumber vitamin A, seperti wortel dan pepaya. Bunda juga dapat memberikan susu pertumbuhan seperti DANCOW 1+ Nutritods.

Susu pertumbuhan ini juga dilengkapi dengan  protein yang merupakan komponen esensial menjaga kesehatan anak dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan Si Buah Hati. Susu ini merupakan produk susu yang diformulasi untuk anak Indonesia usia toddler 1-3 tahun, dengan kandungan 0 gram sukrosa, tinggi kalsium & protein, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan inulin dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus.