Parenting

5 Perkembangan Anak 1 Tahun yang Bikin #BundaBangga

01-02-2021

Dukung perkembangan anak usia dini

Wah, tak terasa Si Buah Hati sudah memasuki usia satu tahun dan menunjukkan perkembangan anak usia dini yang pesat ya, Bunda. Anak-anak di usia ini memang mengalami perkembangan pesat, mulai dari kemampuan sosial, kognitif, hingga motoriknya. Sebesar atau sekecil apa pun perkembangan yang ditunjukkan Si Buah Hati, yang pasti proses dan pencapaian Si Buah Hati ini bisa bikin #BundaBangga. Mau tahu apa saja proses dan pencapaian yang biasanya ditunjukkan Si Buah Hati saat memasuki usia 1-3 tahun? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

 

Salah satu hal yang akan cukup terlihat saat Si Buah Hati memasuki usia satu tahun adalah  kemampuan bahasa anak yang mulai berkembang. Namun tak hanya itu saja, lho, Bunda. Makin bertambah usia Si Buah Hati, tentunya ia akan semakin menunjukkan pencapaian dari berbagai aspek dimensi tumbuh kembang. Menurut Buku “Nelson: Ilmu Kesehatan Anak Esensial” yang telah lama menjadi referensi bagi para dokter anak, beberapa proses dan perkembangan Si Buah Hati yang pastinya akan membuat #BundaBangga antara lain:

1. Motorik

image
 

Kebanyakan anak-anak yang memasuki usia satu tahun (12 bulan) hingga 15 bulan akan mulai bisa berjalan sendiri. Bunda tentu akan sangat mengingat proses dan pencapaian satu ini. Jika tadinya Si Buah Hati hanya bisa merangkak atau berdiri dan berjalan dengan bantuan, di usia ini akhirnya ia menunjukkan tanda kemandirian yang membuat #BundaBangga dengan berjalan sendiri. Semakin bertambah usia, akan semakin berkembang pula kemampuan fisiknya sehingga perkembangan motorik Si Buah Hati akan semakin baik. Lama kelamaan ia akan bisa berhenti, berputar, hingga membungkuk tanpa oleng atau jatuh.

 

 

2. Kognitif

image

Karena dari segi kemampuan motorik perkembangan anak usia dini sudah semakin baik, maka Si Buah Hati pun jadi lebih bisa mengeksplorasi lingkungannya untuk belajar sehingga kemampuan kognitifnya berkembang. Misalnya saja, ia akan memanfaatkan benda yang ada untuk menghasilkan sesuatu yang menarik untuknya seperti menyusun balok, mengeluarkan isi botol, atau  mengisi keranjang mainan. Di usia ini Si Buah Hati juga mulai meniru apa yang dilakukan oleh orang tua atau anggota keluarga lainnya. Pencapaian ini tentu membuat #BundaBangga karena Si Buah Hati sudah bisa mempelajari sesuatu dan melakukan banyak hal yang menambah kemampuannya sendiri.

 

Baca Juga: Perkembangan Bahasa Si Buah Hati yang Buat Bunda Bangga

 

 

3. Bahasa

image
 

Salah satu perkembangan bahasa yang signifikan saat Si Buah Hati memasuki sekitar usia 12 bulan adalah ia mulai bisa mengucapkan kata pertamanya, Bunda. Tentu Bunda senang dan bangga Si Buah Hati kini tak hanya bisa merespon kata-kata sederhana seperti “iya”, “tidak” atau “mau ini?” atau menengok saat namanya dipanggil, tapi ia sudah bisa mengucapkan kata. Ia biasanya akan mulai menamai benda-benda yang sering ia temui sehari-hari dan semakin bertambah usia, maka kosakata bahasanya pun semakin bertambah. Jika tadinya hanya bisa mengucapkan satu kata, di usia 15 bulan ia mulai bisa menyebutkan 4-6 kata dengan tepat. Sangat membanggakan kan, Bunda?

 

 

4. Sosialisasi

image

 

Memasuki usia 1 tahun lebih, Si Buah Hati biasanya sudah dapat menggunakan gesture melambaikan tangan (untuk menyatakan perpisahan) dan mulai mencoba mengomunikasikan keinginan dan kebutuhannya. Setelah itu memasuki usia 15 bulan, ia akan menunjukkan reaksi seperti merasa bangga saat Bunda puji. Bunda patut bangga pada pencapaian ini karena ini berarti rasa empati dan kesadaran diri yang dimiliki oleh Si Buah Hati sudah muncul.

 

 

5. Kesehatan

image

 

Di usia ini Si Buah Hati juga masih mengalami perkembangan fisik yang cukup berarti, lho, Bunda. Anak yang sehat memasuki usia 18-24 bulan akan mengalami penambahan berat badan dan tinggi badan yang stabil. Biasanya penambahan tinggi sekitar 5 inci dan berat badan bertambah sekitar 2kg dari tahun sebelumnya. Memasuki usia  24 bulan, anak-anak biasanya memiliki tinggi badan setengah dari tinggi badannya saat ia dewasa. Melihat Si Buah Hati yang tumbuh besar dan tinggi, tentu membuat #BundaBangga. Apalagi jika pertumbuhannya memang sesuai dengan pertambahan usianya.

 

Itulah beberapa proses dan pencapaian Si Buah Hati di usia satu tahun yang tentunya membuat Bunda menjadi bangga. Setelah Si Buah Hati mampu menunjukkan perkembangan-perkembangan ini, jangan lupa untuk terus bantu #LindungiLangkahEksplorasi Si Buah Hati dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup. Dengan nutrisi seimbang dan dukungan stimulasi yang tepat, Si Buah Hati jadi bebas bereksplorasi untuk berusaha meraih pencapaiannya di masa Toddler dan membuat #BundaBangga. Dukung juga Si Buah Hati dengan memberikan DANCOW 1+ Nutritods. DANCOW 1+ Nutritods adalah susu pertumbuhan yang diformulasi untuk anak Indonesia usia Toddler 1-3 tahun, dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa dibandingkan formula sebelumnya, tinggi kalsium & protein, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan inulin dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus.

 

Seiring bertambahnya usia Si Buah Hati, terus dampingi ia bereksplorasi untuk mengasah perkembangan anak usia dini dan rayakan setiap proses serta pencapaian yang diraihnya. Dengan begitu, Si Buah Hati jadi lebih percaya diri untuk terus berusaha mengoptimalkan perkembangannya dan membuat #BundaBangga. Yuk, jadi Bunda yang selalu bangga akan setiap proses dan pencapaian Si Buah Hati dan bergabunglah di Gerakan 1 Juta  #BundaBangga. Untuk bergabung, Bunda hanya perlu mengakses link www.dancow.id/DPC/BundaBangga  dan tekan tombol “Saya #BundaBangga”. Kemudian isi nama Bunda dan Si Buah Hati untuk mendapatkan sertifikat digital.