Nutrisi

5 Manfaat Susu dengan Probiotik bagi Kesehatan Pencernaan Anak

09-07-2020

Susu dengan probiotik

Bunda tentu tahu, bahwa pemberian nutrisi yang lengkap sangat penting agar tumbuh kembang Si Buah Hati agar berjalan secara optimal. Susu pertumbuhan dapat menjadi pilihan bagi Bunda untuk membantu melengkapi asupan nutrisi Si Buah Hati. Termasuk pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu memberikan perlindungan saat Si Buah Hati bereksplorasi, seperti susu dengan probiotik.

 

Nah, sebenarnya apa sih probiotik itu, dan apa manfaat susu dengan probiotik bagi kesehatan pencernaan dan daya tahan tubuh anak? Yuk Bunda, simak penjelasannya di bawah ini agar Bunda dapat selalu memberikan yang terbaik bagi Si Buah Hati.

 

Apa itu probiotik?

Bakteri  tak semuanya jahat, lho. Ada pula bakteri yang baik dan justru dibutuhkan agar tubuh kita jadi sehat, seperti probiotik. Secara sederhana, probiotik adalah mikroorganisme hidup yang memiliki manfaat bagi tubuh manusia, karenanya probiotik juga disebut sebagai bakteri baik. Mikroorganisme yang ada di dalam probiotik sendiri ada banyak jenisnya. Dua diantaranya yang paling umum ditambahkan ke dalam berbagai produk makanan dan minuman, termasuk susu dengan probiotik, adalah bifidobacteria dan lactobacillus.

 

Darimana saja probiotik bisa didapatkan?

Probiotik bisa didapat dari berbagai produk fermentasi seperti yogurt, kefir, kombucha, keju, tempe dan sebagainya. Selain itu, seperti juga nutrisi pelengkap lainnya, probiotik tentu bisa didapat Si Buah Hati melalui pemberian susu dengan probiotik.

 

Apa saja manfaat susu dengan probiotik bagi kesehatan pencernaan Si Buah Hati?

  1. Probiotik dapat membantu mengatasi kolik pada anak. Sebuah studi yang dikeluarkan oleh The American Academy of Pediatrics menyebutkan bahwa probiotik dapat mengurangi kolik pada anak dengan cukup efektif.

 

  1. Probiotik dapat membantu mengatasi diare pada anak yang disebabkan oleh peradangan di saluran pencernaan akibat infeksi rotavirus, diare akibat antibiotik, dan diare akibat bakteri. Penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu Si Buah Hati sembuh dari diare dengan lebih cepat. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa Lactobacillus Rhamnosus dapat membantu mencegah dan mengatasi berbagai jenis diare.

 

  1. Probiotik dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak. Pasalnya, saluran cerna merupakan organ penting dalam menjaga daya tahan tubuh anak. Bahkan 80% sel pada saluran cerna menghasilkan antibodi dan 40% jaringan saluran cerna merupakan kelenjar getah bening yang memiliki peran penting dalam membentuk daya tahan tubuh. Karena itu, probiotik yang turut menjaga kesehatan pencernaan, otomatis memiliki peran yang penting pula dalam menjaga daya tahan tubuh Si Buah Hati.

 

  1. Probiotik membantu memecah protein dan lemak di saluran cerna. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi anak yang sedang sakit atau baru sembuh dari sakit sehingga perlu meningkatkan kekuatan tubuhnya agar sehat kembali.

 

  1. Probiotik membantu menyeimbangkan komposisi bakteri baik dan bakteri jahat di saluran pencernaan. Yang dimaksud dengan ‘seimbang’ di sini adalah kondisi pencernaan normal dimana bakteri baik jumlahnya lebih banyak daripada bakteri jahat. Probiotik dapat bekerja melindungi saluran cerna dari bakteri jahat. Selain itu, saat Si Buah Hati perlu mengonsumsi antibiotik yang dapat membunuh bakteri baik di pencernaan sehingga komposisi bakteri baik dan jahat menjadi tak seimbang. Pemberian probiotik dapat membantu mengatasi atau mencegah Si Buah Hati mengalami gangguan pencernaan akibat konsumsi antibiotik tersebut.

Bunda, pemberian nutrisi yang lengkap akan membantu memastikan tumbuh kembang Si Buah Hati berjalan optimal. Karenanya, lengkapi nutrisinya dengan memberikan Si Buah Hati susu pertumbuhan dengan probiotik yang mengandung Lactobacillus Rhamnosus serta nutrisi penting lainnya.

DANCOW 1+ Nutritods, susu pertumbuhan yang diformulasi khusus untuk anak Indonesia usia Toddler 1-3 tahun. Dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa juga 3X lebih banyak vitamin D dibanding formula sebelumnya, protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta serat pangan inulin, DANCOW 1+ Nutritods membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Buah Hati. Dilengkapi dengan dukungan manfaat Lactobacillus Rhamnosus, DANCOW 1+ Nutritods membantu memberikan perlindungan kesehatan saat Si Buah Hati aktif bereksplorasi.

 

Selain pemberian nutrisi, yuk terus optimalkan masa toddler dan prasekolah Si Buah Hati dengan memonitor perkembangannya dan melakukan beragam aktivitas seru bersamanya. Nah, kini pantau tumbuh kembang jadi lebih gampang dengan Nutritods 101 Monitor dari DANCOW yang dirancang oleh para ahli yang tergabung dalam Nutritods Council Expert