Nutrisi

5 Manfaat Probiotik yang Bunda Tidak Tahu

20-05-2020

Pentingnya Probiotik dalam Susu Pertumbuhan untuk Dukung Kecerdasan Anak

Nutrisi yang lengkap dan seimbang amat penting untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Tak hanya vitamin dan mineral saja, protein, kalsium, serat pangan, dan yang tak kalah penting, probiotik, juga berperan penting untuk pertumbuhan anak. Probiotik adalah bakteri baik yang membantu keseimbangan bakteri dalam usus, dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Sama seperti pelengkap nutrisi lainnya, manfaat probiotik juga bisa didapatkan melalui susu pertumbuhan anak, selain juga makanan yang difermentasi, dan suplemen.

 

Manfaat Probiotik Selain Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat probiotik yang paling sering dipromosikan adalah untuk membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Namun ternyata probiotik memiliki banyak kelebihan lainnya bagi tubuh, terutama untuk Si Buah Hati. Berikut beberapa manfaat lain dari probiotik:

  1. Strain Probiotik Tertentu Dapat Membantu Menjaga Jantung Tetap Sehat

Probiotik membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol LDL ("buruk") dan tekanan darah. Bakteri penghasil asam laktat tertentu dapat mengurangi kolesterol dengan memecah empedu dalam usus.

 

  1. Probiotik Dapat Mengurangi Gejala Alergi dan Eksim Tertentu

Strain probiotik tertentu dapat mengurangi keparahan eksim pada anak-anak dan bayi. Beberapa probiotik juga dapat mengurangi respons peradangan karena alergi.

 

  1. Probiotik Dapat Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Probiotik dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghambat pertumbuhan bakteri usus berbahaya. Beberapa probiotik juga telah terbukti meningkatkan produksi antibodi alami dalam tubuh.

 

  1. Probiotik Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan dan Lemak Perut

Beberapa probiotik mencegah penyerapan lemak makanan dalam usus. Probiotik juga dapat membantu merasa kenyang lebih lama, membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Konsumsi probiotik dapat digunakan sebagai solusi alami jika ada kekhawatiran tentang berat badan ideal anak.

 

  1. Probiotik Mendukung Kecerdasan Si Buah Hati

Otak dapat berkomunikasi dengan mikrobiota dalam usus. Sebaliknya, mikrobiota usus juga dapat berkomunikasi dengan otak. Contohnya, Si Buah Hati bisa tiba-tiba kehilangan nafsu makan ketika mendengar kabar tidak menyenangkan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik memang dapat membantu meningkatkan suasana hati dan kecerdasan.

 

Apa Hubungan antara Pencernaan dan Fungsi Otak Si Buah Hati?

Bunda mungkin bertanya-tanya, bagaimana saluran cerna bisa berkomunikasi dengan otak. Apa hubungan antara kesehatan sistem pencernaan dengan fungsi otak?

Penelitian menunjukkan bahwa sistem pencernaan dan otak manusia saling terhubung satu sama lain, hubungan ini disebut juga gut-brain-axis. Keduanya dihubungkan melalui sinyal biokimia antara sistem saraf di saluran pencernaan, yang disebut sistem saraf enterik, dan sistem saraf pusat, yang meliputi otak.

Ketika saluran cerna anak sehat dan mengandung sejumlah spesies probiotik, seperti misalnya Lactobacillus, ada produksi sinyal kimia bermanfaat yang dikenal sebagai neurotransmiter.  Bakteri menggunakan ini untuk mengirim pesan ke otak untuk menyatakan semuanya baik-baik saja. Karena itulah, apa yang memengaruhi saluran pencernaan anak seringkali memengaruhi otak dan sebaliknya.

Ketika bakteri dalam saluran cerna bahagia, memori anak pun meningkat dan ia jadi lebih mudah mempelajari sesuatu. Di sisi lain, ketika infeksi terjadi, terutama jika kronis, ada penurunan dalam kognisi dan memori anak.

 

Saran Pemberian Probiotik untuk Si Buah Hati

Dengan berbagai manfaatnya untuk tubuh, jelas bahwa probiotik merupakan salah satu nutrisi penting untuk Si Buah Hati. Probiotik antara lain bisa ditemukan pada suplemen dan susu pertumbuhan anak. Cara mengonsumsi probiotik dapat berbeda-beda, sehingga perlu diperhatikan instruksi yang tertera pada kemasan. Perlu diperhatikan juga, walau tergolong aman dikonsumsi untuk segala usia, sebaiknya konsultasikan kepada dokter sebelum memberikan suplemen probiotik kepada bayi atau anak-anak.

 

Stimulasi untuk Optimalkan Kecerdasan Si Buah Hati

Meski memiliki manfaat baik untuk perkembangan kognitif anak, tentu pembelajaran Si Buah Hati tidak bergantung pada susu pertumbuhan anak yang mengandung probiotik saja. Dukung kecerdasan anak dengan memberikan stimulasi sesuai usia dan tahap tumbuh kembangnya. Mau tahu info lainnya seputar nutrisi, juga manfaat probiotik untuk Si Buah Hati? Bunda dapat berkonsultasi langsung dengan para ahli nutrisi dan parenting, di sini.