5 Langkah Atasi GTM Si Buah Hati

09-03-2020

5 Cara Atasi Anak Susah Makan Supaya Asupan Gizinyai Seimbang

GTM atau Gerakan Tutup Mulut sering terjadi ketika Si Buah Hati memasuki tahap perkembangan di mana ia sudah bisa mengonsumsi makanan padat, baik itu dilakukan secara mandiri, maupun disuapi oleh Bunda. GTM ini bentuknya tidak selalu menutup mulut secara harfiah bisa juga dengan anak melepehkan makanan, atau membuang makanan yang diberikan kepadanya. GTM ini yang sering membuat Bunda panik, terutama karena khawatir apakah asupan gizi seimbang untuk Si Buah Hati dapat terpenuhi atau tidak.

Haruskah Tegas atau Mengalah dalam Menghadapi GTM Si Buah Hati?

Ketika Bunda sudah memikirkan untuk mengalah atau menghukum anak, berarti sudah terjadi power struggle antara Bunda dan Si Buah Hati. Power struggle berarti ada persaingan untuk menunjukkan siapa yang lebih berkuasa di antara kedua pihak, salah satu prakteknya misalnya dengan negosiasi, menawarkan insentif berupa makanan penutup atau snack. Hindari kebiasaan ini, karena tidak mendorong kebiasaan makan yang sehat. Negosiasi seperti ini malah menciptakan kesan bahwa "makanan penutup" atau snack lebih berharga daripada makanan utamanya.

Di Balik GTM: Si Buah Hati Makan Sesuai Kebutuhannya

Bunda mungkin khawatir jika GTM dibiarkan, akan menyebabkan anak kurang gizi. Dr. Cindy Gellner, spesialis pediatri yang juga merupakan anggota American Academy of Pediatrics, mengungkapkan bahwa sebenarnya sangat normal untuk anak di usia 1-5 tahun untuk memiliki nafsu makan yang menurun. Kabar baiknya, selama tingkat energi anak normal dan pertumbuhannya masih sesuai dengan kurva pertumbuhan normal, mereka akan baik-baik saja. Memaksakan Si Buah Hati makan malah akan membuat waktu makan jadi momen tidak menyenangkan untuknya.

Yang Harus Bunda Lakukan Saat GTM Menghadang

Untuk membantu Bunda tetap tenang, dan memastikan Si Buah Hati mendapatkan asupan gizi seimbang yang diperlukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Cari Tahu Penyebabnya

Penyebab GTM pada batita bermacam-macam, mulai dari rasa bosan, sedang sakit, tidak lapar, adanya trauma, baik terhadap makanan tertentu (jenis atau kuantitas makanan yang tidak sesuai usia anak), maupun proses makan itu sendiri (misalnya Bunda pernah tidak sengaja memarahinya).

2. Jangan Memaksa

Si Buah Hati bisa saja menolak makanan yang Bunda berikan. Namun, alih-alih memaksanya, coba dengarkan pesan apa yang mereka coba sampaikan melalui tindakan mereka. Ketika anak mulai bermain-main atau membuang makanannya misalnya, bisa jadi pertanda dia sudah kenyang. Jika ia masih menolak, coba tawarkan lagi di waktu makan snack atau waktu makan berikutnya.

3. Ajari Anak Mengenal dan Mengontrol Rasa Lapar dan Kenyang

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Jika anak menolak atau meminta menambah makanannya, sebisa mungkin tolak dan tawarkan di waktu makan berikutnya, atau di jadwal makan snack. Tetapkan jadwal makan dan snacking yang teratur, lalu pastikan ia makan sesuai jadwal, dan batasi waktu makannya agar ia mengenal rasa lapar dan kenyangnya.

4. Bangun Kebiasaan Makan Sehat

  • Buat lingkungan yang menyenangkan namun teratur untuk makan, misalnya dengan membiasakan anak makan di meja makan.
  • Dorong anak untuk makan sendiri, dan biasakan untuk memberi makan secara tepat waktu.
  • Pastikan persiapan dan penyajian makanan higienis.
  • Sesuaikan kuantitas dan kualitas makanan dengan tahapan perkembangan anak.

Sambil mendukung kebiasaan makan sehat Si Buah Hati, Bunda juga perlu pastikan menu hariannya mengandung asupan gizi yang cukup. DANCOW  3+ dengan Nutritods, merupakan susu pertumbuhan yang diformulasikan khusus untuk Si Buah Hati di masa Prasekolah usia 3-5 tahun dengan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa, tinggi zat besi & zink, tinggi vitamin A & C, omega 3 & 6, serta Lactobacillus rhamnosus untuk dukung eksplorasi Si Buah Hati.

 

5. Cek ke Tenaga Kesehatan

Rutin memeriksakan Si Buah Hati ke tenaga kesehatan untuk memastikan tumbuh kembang anak berjalan sesuai usianya.

Pastikan GTM tidak membuat asupan nutrisi Si Buah Hati terganggu. Bantu cukupi kebutuhan nutrisi hariannya, dengan menyiapkan beragam makanan sehat. Temukan inspirasi menu dengan gizi seimbang untuk Si Buah Hati di Piring Nutrisi. Dengan memenuhi asupan gizinya, Bunda dapat membantu melindungi Si Buah Hati saat belajar dan bereksplorasi di masa Prasekolah  #Nutritods101 #ToddlerExpert #PreschoolExpert.