Stimulasi

5 Aktivitas Stimulasi untuk Si Kecil usia 3+

29-05-2019

Tumbuh kembang anak balita dan stimulasi yang tepat

Tahukah Bunda, tumbuh kembang anak balita akan berkembang pesat pada otak dan emosi dalam 3 tahun pertama hidupnya?

Jaringan yang tumbuh setiap hari dalam otak Si Kecil membentuk dasar neurologis keterampilan yang akan digunakan Si Kecil hingga ia dewasa nanti. Tak hanya berdasar pada gen Si Kecil, seluruh pengalaman yang diperoleh Si Kecil setelah ia lahir akan menentukan jaringan otaknya.

Di 3 tahun pertama ini tumbuh kembang anak balita terutama perkembangan emosi Si Kecil akan berkembang, mulai dari perilaku, refleks, tersenyum, hingga merasa malu.

Lantas bagaimana setelah 3 tahun berlalu?

Saat Si Kecil mengalami hal-hal baru setiap harinya, otaknya membentuk jaringan saraf untuk mempelajari bahasa, penalaran, penyelesaian masalah, dan nilai-nilai moral. Setiap kali Si Kecil mendapat stimulasi dan mengulang pembelajarannya, jaringan saraf tersebut pun menjadi permanen. (https://www.parentingforbrain.com/brain-development/)

Karena itulah, setelah usia 3 tahun pun amat penting untuk menjaga Si Kecil tetap mendapat stimulasi yang tepat untuk mendorong perkembangan otak dan emosinya. Tak heran, beberapa orang tua memasukkan anak-anak ke playgroup dan pre-school di usia ini. Selain memperkenalkan Si Kecil pada warna, huruf, dan angka, Si Kecil juga dapat belajar keterampilan sosial yang penting, seperti berbagi. Mempelajari keterampilan ini membuat transisi ke periode sekolah menjadi lebih lancar.

Agar , tumbuh kembang anak balita semakin lengkap dan dapat berkembang secara emosional dan intelektual, Si Kecil membutuhkan kasih sayang dari orang tuanya juga. Si Kecil mengingat pengalaman yang memiliki komponen emosional. Orang tua yang memberikan wajah tersenyum, berbicara dengan ramah, dan melakukan kontak fisik akan lebih membantu perkembangan Si Kecil ketimbang memberikannya gadget.

Bunda dapat membantu , tumbuh kembang anak balita dengan terlibat dalam permainan dan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan di rumah maupun di luar rumah, contohnya dengan beberapa permainan berikut:

1. Menyusun benda sesuai ukurannya.

Permainan sederhana seperti ini melatih keterampilan konsentrasi Si Kecil. Belajar untuk memfokuskan perhatian untuk menyelesaikan tugas adalah keterampilan yang sangat penting untuk bentuk-bentuk pembelajaran lainnya. Mampu berkonsentrasi juga diperlukan untuk pemecahan masalah.

2. Melukis, bermain pasir, atau membuat clay.

Ajak Si Kecil membuat benda dengan tangannya sendiri, bebaskan ia untuk membuat bentuk apapun yang ia suka. Kegiatan ini untuk merangsang imajinasi dan kreativitasnya, sekaligus sensorik halusnya. Memelihara kreativitas dan imajinasi Si Kecil akan membantunya mengembangkan pemikiran abstrak dan keterampilan pemecahan masalah.

3. Puzzle atau teka-teki lainnya.

Puzzle atau teka-teki melibatkan penalaran untuk menantang otak yang sedang berkembang. Hal ini untuk membantu mengembangkan kemampuan berpikir Si Kecil.

4. Menceritakan kembali isi buku.

Bacakan sebuah cerita untuknya, dan setelah selesai, tanyakan pada Si Kecil bagian-bagian dari cerita (misalnya tokoh, benda, atau adegan) yang menarik baginya, sambil menjelaskan makna benda atau adegan yang ia pilih. Si Kecil belajar bahasa dengan mendengar kata-kata berulang-ulang. Itu sebabnya semakin banyak Anda berbicara dengan Si Kecil, semakin baik.

5. Kartu Memori

Mulailah permainan dengan beberapa kartu bergambar saja. Susun kartu dengan posisi gambar menghadap ke atas. Tunjukkan gambarnya pada Si Kecil, kemudian tutup kartu, dan tanyakan pada Si Kecil, gambar pilihan Bunda berada di kartu yang mana. Sama seperti otot, semakin banyak memori digunakan di tahun-tahun awal Si Kecil, semakin mudah baginya untuk menangani beban informasi di sekolah.

Masih banyak lagi ide aktivitas lain yang dapat Bunda lakukan untuk membantu , tumbuh kembang anak balita. Tak hanya di rumah atau playgroup, Bunda juga bisa lho mengikuti komunitas atau event yang menyediakan permainan lebih beragam dan memberi kesempatan Si Kecil bermain sekaligus belajar bersosialisasi dengan teman-teman baru!

Agar Si Kecil aktif bereksplorasi, dukung dengan susu pertumbuhan DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+ merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas, yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin, untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil.