Stimulasi

4 Perkembangan Si Kecil di Usia 1 Tahun

10-09-2018

4 Perkembangan Si Kecil di Usia 1 Tahun

Memasuki usia satu tahun, si Kecil biasanya sudah mulai berjalan sendiri. Pasti Bunda dan Ayah bangga akan perkembangan itu, bukan? Namun sesungguhnya berjalan bukan satu-satunya tanda tumbuh kembang dia di periode penting ini. Menurut situs Centers for Disease Control and Prevention, di momen ini, anak tengah mengalami perkembangan otak yang sangat pesat. Berikut hal yang dipelajari si Kecil sesuai perkembangannya:

1. Perkembangan kognitif

Dalam tahapan ini, si Kecil mulai memiliki kemampuan berpikir, belajar, dan mengingat perilaku orang atau kejadian di lingkungannya. Si Kecil juga mulai memahami simbol, mulai meniru, membayangkan, dan bermain pura-pura. Karena itu, Bunda, Ayah, dan anggota keluarga yang lain sebaiknya selalu menunjukkan sikap dan perkataan yang positif kepadanya. Sehingga apa yang ditirunya adalah hal baik pula.

2. Perkembangan emosi

Bentuk perlekatan emosi yang kuat pada balita ditandai dengan tangisan saat berpisah dari orang terdekat. Namun seiring waktu, si Kecil biasanya ingin melakukan aktivitas seorang diri. Di sinilah tahap awal ia belajar tentang konflik, kebingungan, dan kadang-kadang merusak suatu benda. Meski begitu, Bunda janganlah langsung memarahinya. Terkadang ia tidak berniat untuk merusak benda tersebut, melainkan hanya penasaran.

3. Perkembangan bahasa

Setelah usia 1 tahun, si Kecil biasanya mulai memahami banyak kosakata. Biasanya sekitar 10 kali lebih banyak dari yang bisa ia katakan. Di ulang tahun kedua, terkadang ia sudah bisa mengatakan setidaknya 50 sampai 100 kosakata.

4. Perkembangan sensorik dan motorik

Keterampilan motorik terjadi saat otot dan saraf si Kecil bekerja bersama-sama. Di usia setahun, ia pun sudah mencapai tahap kontrol dan koordinasi sehingga bisa berjalan dengan mantap. Setelah berjalan, ketrampilan berikutnya adalah memanjat, lari, dan melompat.

Yang harus Bunda ingat, tumbuh kembang setiap anak sangat individual dan unik. Perkembangan dan pelajaran yang diserapnya tentu tidak sama dengan anak lain. Karena itu, Bunda harus terus memberikan pendampingan dan stimulasi padanya. Terutama untuk memastikan perkembangan bahasa dan emosinya.

Dancow bantu lindungi eksplorasi si Kecil #DANCOWLindungi