Nutrisi

4 Nutrisi Penting pada Masa Emas Tumbuh Kembang Si Kecil

12-09-2018

4 Nutrisi Penting pada Masa Emas Tumbuh Kembang Si Kecil

"

Bunda, pemenuhan gizi si Kecil harus mulai diperhatikan sejak ia di dalam kandungan hingga berusia 2 tahun. Sebab inilah periode yang dikenal dengan masa emas tumbuh kembang si Kecil. Pada periode ini, terjadi proses tumbuh kembang yang sangat cepat, dan tidak akan terjadi pada periode usia berikutnya.

Karena itulah asupan nutrisi yang bergizi cukup dan berkualitas akan sangat menunjang tumbuh kembang si Kecil, termasuk perkembangan otaknya. Apa saja nutrisi penting yang perlu Bunda perhatikan pada periode ini?

1. Karbohidrat

Ada dua bentuk karbohidrat yaitu gula sederhana (atau dikenal dengan gula) dan gula kompleks (pati). Makanan berkarbohidrat, terutama karbohidrat kompleks, merupakan sumber nutrisi yang baik. Maka sebaiknya Bunda memberikan asupan karbohidrat sekitar sepertiga dari porsi makan si Kecil, setiap harinya.

Beberapa sumber karbohidrat kompleks di antaranya beras merah, roti gandum utuh, makaroni, kentang, pasta, dan polong-polongan. Yang perlu Bunda ingat dalam pengolahannya, karbohidrat yang tidak dihaluskan memiliki kandungan gizi dan serat lebih baik ketimbang karbohidrat yang dihaluskan. Cara ini pun membantu menjaga tingkat gula darah tetap stabil serta menyediakan energi dalam jangka panjang secara terus-menerus.
 

2. Protein

Nutrisi lain yang dibutuhkan si Kecil berasal dari makanan yang mengandung protein, namun jumlahnya tak sebesar karbohidrat. Setiap hari, Bunda hanya perlu memastikan 15-20 persen makanan si Kecil bersumber dari protein. Di antaranya daging sapi, ayam, ikan, susu, hati, tahu, tempe, keju, dan kacang-kacangan seperti kacang hijau.

Perlu Bunda ketahui, delapan dari 25 asam amino yang terkandung pada protein tak bisa dibentuk tubuh, sehingga harus disediakan dari makanan si Kecil. Asam amino sendiri berperan penting dalam proses penyampaian pesan ke otak. Ikan, produk susu, telur, dan oat, yang mengandung asam amino tirosin, juga berguna untuk meningkatkan mood dan kewaspadaan si Kecil.
 

3. Lemak

Bunda, otak si Kecil tersusun dari 60 persen lemak yang berasal dari makanan. Karena itu, pastikan tipe lemak yang Bunda sisipkan pada makanan si Kecil sesuai dengan kebutuhan perkembangan otaknya. Seperti asam lemak tak jenuh berantai panjang yang sangat berguna bagi otak dan fungsi mata si Kecil. Termasuk asam lemak omega 3 dalam bentuk EPA dan DHA.

Memastikan kecukupan asupan omega 3 pada si Kecil berguna bagi Bunda untuk mengatasi risiko penyakit degeneratif yang bisa mengurangi fungsi otaknya. Sumber makanan yang mengandung omega 3 dapat Bunda peroleh dari ikan berlemak tinggi seperti salmon atau tuna, kacang walnut, biji kapok (flaxseeds), dan sayuran berdaun hijau.

Di sisi lain, Bunda sebaiknya menghindari lemak jenuh yang membawa dampak negatif bagi otak. Sebab ketika lemak jenuh mengalami reaksi kimia dan masuk ke dinding sel, percampuran nutrisi akan terganggu dan berakibat pada penumpukan racun. Untuk mengurangi asupan lemak jahat, kurangi tingkat konsumsi terhadap junk food, yang biasanya menjadi kegemaran si Kecil.
 

4. Vitamin dan mineral

Pada usia di bawah lima tahun, kebutuhan vitamin dan mineral si Kecil jauh lebih banyak ketimbang orang dewasa. Untuk fungsi otak, makanan sumber vitamin dan mineral esensial juga memiliki peran penting. Selain itu, penting pula dalam produksi energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sistem syaraf, dan hampir semua proses dalam tubuh.

Beberapa vitamin penting bagi si Kecil adalah:
- Vitamin A, C, dan E yang merupakan antioksidan untuk melindungi otak dan tubuh dari racun serta polusi.
- Vitamin B yang membantu perkembangan fungsi otak, sistem syaraf, dan metabolisme­­­­­­­­­ energi. Kecukupan vitamin B pun bisa meningkatkan memori si Kecil. Makanan seperti telur, daging, dan bayam, memiliki jumlah Vitamin B kompleks yang tinggi.

Adapun mineral yang dibutuhkan si Kecil adalah kalsium dan magnesium. Kedua mineral ini berfungsi untuk menenangkan syaraf dan sel otot.

Sementara zat besi, sebagai salah satu mineral, berperan dalam membawa oksigen dalam darah dan perangsangan saraf. Untuk sumber makanan yang satu ini, Bunda bisa memperolehnya dari kulit kentang, kacang-kacangan, dan roti gandum.

Dalam susu pertumbuhan, Bunda bisa melengkapi seluruh kebutuhan si Kecil ini melalui DANCOW1+ EXCELNUTRI+. Sebab DANCOW1+ EXCELNUTRI+ memiliki tiga keunggulan nutrisi. Di antaranya nutrisi untuk perlindungan yaitu Lactobacillus rhamnosus & Bifidobacterium longum, serat pangan inulin, vitamin A,C,E, mineral selenium & zink. Adapula nutrisi untuk perkembangan kecerdasan yang bantu proses belajar si Kecil, seperti minyak ikan (sumber DHA) dan asam lemak esensial (Omega 3 & 6). Juga nutrisi untuk pertumbuhan fisik seperti protein dan kalsium.

DANCOW Lindungi Si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi

"