Stimulasi

4 Manfaat Musik untuk Tumbuh Kembang Anak

20-05-2020

Manfaat Mengenalkan Musik pada Tumbuh Kembang Anak

Sejak dalam kandungan, Si Buah Hati sudah bisa mendengar suara-suara. Detak jantung ibuBunda, gemericik sistem pencernaannya, bahkan suara-suara anggota keluarga lainnya. Namun ketika lahir dan mencapai usia tertentu, sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak, ia akan mulai dapat merespon dengan lebih jelas terhadap bunyi-bunyian. Mulai dari memperhatikan asal bunyi, menirukan bunyi dengan suaranya sendiri, hingga menggerakkan tubuhnya sesuai dengan apa yang didengarkannya. Jika Si Buah Hati sudah mulai merespons bunyi-bunyian, maka mungkin ini saat yang tepat untuk mengenalkan musik kepadanya.

 

Aktivitas yang Melibatkan Musik dan Manfaatnya untuk Tumbuh Kembang Si Buah Hati

Tak sekadar menjawab fenomena ketertarikan anak terhadap bunyi-bunyian saja, mengenalkan musik kepada Si Buah Hati memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak. Banyak ahli parenting anak pun telah membuktikannya. Apa saja manfaatnya? Coba praktikkan beberapa aktivitas berikut, dan temukan manfaat di baliknya:

  1. Meninabobokan Si Buah Hati dengan Latar Belakang Musik.

Jangankan bermain, bahkan ketika Bunda tidak melakukan apa-apa bersama Si Buah Hati, dan hanya memasang musik sebagai latar belakang adalah cara mudah untuk memperkuat hubungan antara Bunda dan Si Buah Hati, seperti diungkapkan oleh Laurel Trainor, Ph.D, direktur McMaster Institute for Music and the Mind. Penelitian menunjukkan bahwa bergerak bersama-sama dengan mengikuti musik, memicu pelepasan oksitosin, hormon bonding yang juga dihasilkan selama menyusui. Jadi, ketika Bunda mulai menyapih Si Buah Hati pun, Bunda tetap bisa menjalin ikatan dengan anak, cukup dengan meninabobokannya.

 

  1. Bermain dengan Iringan Nursery Rhymes atau Lagu Kanak-kanak.

Dengan menyanyikan lagu anak-anak untuk Si Buah Hati, Bunda sebenarnya membantu mereka tak hanya membedakan suara dan nada saja, tapi juga mengidentifikasi pola suara tersebut dan belajar melalui pengulangan. Dengan menguasai keterampilan ini, Si Buah Hati sebenarnya sedang membangun dasar keterampilan berbahasa dan berhitung.

 

  1. Memutarkan Lagu Ceria Ketika Berpergian dengan Si Buah Hati.

Membawa Si Buah Hati ikut serta dalam perjalanan bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama jika Bunda berada di balik kemudi dan tidak dapat mendampingi di sisinya. Berada di dalam ruangan tertutup selama waktu tertentu tanpa kegiatan apapun bisa membuat Si Buah Hati tidak sabaran atau rewel. Mendengarkan musik bisa membantu mengangkat suasana hatinya menjadi lebih baik. Menurut studi, orang merasakan emosi dan pengalaman yang tak terlupakan terkait dengan mendengarkan lagu-lagu tertentu. Jangan lupa untuk memutarkan lagu yang biasanya disukai Si Buah Hati, Bunda!

 

  1. Lomba Menari Bersama Bunda

Ajak Si Buah Hati untuk bereaksi terhadap musik yang Bunda putarkan. Bunda dapat memberi contoh terlebih dahulu dan mengajak Si Buah Hati mengikuti gerakan Bunda. Sama seperti rasa, tekstur, dan warna dapat membantu perkembangan sensorik anak, demikian juga halnya dengan musik, terutama jika dikaitkan dengan aktivitas fisik seperti menari. Membiarkan Si Buah Hati terpapar dengan berbagai jenis musik juga dapat membantu menciptakan lebih banyak jalur di antara sel-sel di otak mereka.

Masih banyak lagi manfaat musik untuk tumbuh kembang Si Buah Hati. Bunda pun dapat terus mencari berbagai aktivitas lainnya yang melibatkan musik, atau dukung aktivitas Si Buah Hati untuk mengeksplorasi sendiri manfaat musik dengan lebih sering bilang #IyaBoleh, untuk mendukungnya jadi Anak Unggul Indonesia.

Untuk mendukung stimulasi Si Buah Hati, Bunda perlu memastikannya mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. DANCOW 1+ dengan Nutritods yang merupakan susu pertumbuhan anak usia 1-3 tahun yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin.

Mau tahu aktivitas seru lainnya untuk optimalkan tumbuh kembang anak? Cek, di sini!