Nutrisi

4 Bekal Praktis untuk Dibawa Berpergian Bersama Si Buah Hati

20-05-2020

Susu Anak 1 Tahun untuk Anak

Sejak berkeluarga, traveling rasanya tak lagi sama ya, Bunda, apalagi setelah kehadiran Si Buah Hati. Berpergian bersama Si Buah Hati, bahkan ke lokasi yang dekat dari rumah, pastinya perlu persiapan ekstra, mulai dari menyiapkan dana tambahan, persiapan fisik karena harus membawa dan mengurus anak-anak yang perlu pengawasan lebih, hingga urusan bekal. Jika Si Buah Hati masih dalam usia yang sudah lepas ASI eksklusif namun masih mengonsumsi susu anak 1 tahun, semakin banyak deh, perlengkapan yang harus Bunda bawa dalam traveling bag Bunda.

 

Manfaat Menyiapkan Snack untuk Perjalanan Bersama Si Buah Hati

Jangan anggap remeh snack atau camilan untuk perjalanan. Meski terkesan sepele, jika tidak ada bekal khusus yang disiapkan sebelumnya, perjalanan wisata yang seharusnya menyenangkan bisa terasa melelahkan karena Si Buah Hati tantrum. Tak sekadar mengganjal perut, ini dia manfaat menyiapkan bekal untuk perjalanan bersama Si Buah Hati:

  1. Memenuhi kebutuhan nutrisi Si Buah Hati selama perjalanan.
  2. Mengurangi risiko mabuk perjalanan, terutama untuk perjalanan yang berjarak panjang.
  3. Membantu mengalihkan perhatiannya agar ia tidak bosan.
  4. Bekal camilan ekstra bisa jadi bermanfaat ketika di tempat tujuan wisata Bunda ternyata tidak ada penjual makanan, atau jenis makanan yang dijual tidak sesuai dengan selera Si Buah Hati.

Tentu saja pastikan bekal camilan yang dibawa adalah bekal sehat namun praktis sehingga tidak menyulitkan ketika dibuka dan disimpan kembali sepanjang perjalanan.

 

Kriteria Bekal Camilan Sehat untuk Si Buah Hati

Camilan sehat perlu untuk sumber energi Si Buah Hati menjalani aktivitas mereka selama berpergian bersama Bunda. Alih-alih junk food, siapkan bekal camilan yang:

  1. Mengandung karbohidrat sebagai sumber energi.
  2. Mengandung protein dan serat untuk membantu anak merasa kenyang lebih lama.
  3. Memiliki kandungan gula dan garam yang rendah.
  4. Diperkaya dengan aneka nutrisi yang dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan mereka.

 

Rekomendasi Snack Sehat untuk Anak dalam Perjalanan

Dengan mempertimbangkan kriteria sehat di atas, berikut beberapa ide camilan yang bisa Bunda persiapkan untuk bekal perjalanan Si Buah Hati:

  1. Edamame Rebus

Meski tak semua anak suka sayuran, edamame memiliki rasa yang ringan dan bisa diterima oleh Si Buah Hati. Selain mudah untuk dimakan dan dikemas, edamame juga mengandung zat besi, asam lemak omega-3, dan protein yang baik untuk tahap perkembangan anak.

Kukus edamame dan simpan dalam wadah kedap udara di lemari es (jangan lebih dari tiga hari). 

 

  1. Pop Corn Buatan Sendiri.

Hindari membeli pop corn kemasan dari toko. Buat sendiri pop corn di rumah agar Bunda dapat menakar rasa asinnya. Setelah jadi, dinginkan dan simpan pop corn dalam kantong kedap udara, campur juga kismis, dan kacang almond ke dalam kantong sebelum Bunda berangkat. Sensasi camilan manis dan asin ini lebih enak, dan lebih sehat daripada campuran yang dibeli di toko. Sajikan camilan ini untuk anak-anak yang lebih besar, karena risiko tersedak untuk anak di bawah usia empat tahun.

 

  1. Roti Selai Kacang dan Madu

Siapkan tiga iris roti gandum di atas piring, oleskan dengan 2 sendok teh selai kacang ke lembaran roti pertama. Tumpuk roti dengan roti kedua, lalu oleskan 1/2 sendok teh madu di atas lembaran roti kedua, tutup dengan lembaran roti ketiga, lalu taburi dengan kayu manis bubuk. Dengan menggunakan pemotong kue berbentuk (bintang, hati, dsb), potong roti lapis sesuai cetakan.

 

  1. Potongan Aneka Buah

Buah yang mengandung serat dan vitamin, juga memiliki rasa manis alami yang dapat membawa kesegaran dalam perjalanan Si Buah Hati.

Sebagai variasi, Bunda bisa mencoba mengolah buah dengan keju. Kupas dan potong buah (apel dan pir) membentuk dadu, potong juga keju favorit Si Buah Hati, masukkan juga crackers tawar, lalu simpan dalam wadah kedap udara.

 

Di samping camilan, berikan minuman yang tak hanya menghilangkan haus, namun juga memenuhi kebutuhan nutrisi Si Buah Hati. Hindari memberi minuman kemasan yang tidak bisa dipastikan kandungan gulanya. Sebagai gantinya, berikan air mineral atau susu anak 1 tahun, atau susu yang sesuai dengan usianya.

DANCOW 1+ dengan Nutritods #ToddlerExpert, adalah susu pertumbuhan yang diformulasi khusus untuk anak Indonesia usia Toddler 1-3 tahun, dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa, 3X lebih banyak vitamin D dibandingkan dengan formula sebelumnya, protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Buah Hati. Dengan kebutuhan gizi yang tercukupi, Bunda dapat membantu memberikan perlindungan kesehatannya saat bereksplorasi.

Cari tahu tips lainnya seputar memenuhi asupan gizi Si Buah Hati di DANCOW Parenting Center, Bunda.