Stimulasi

Trik Mudah Ajari Si Kecil Mengingat Daftar Belanja

05-11-2020

Trik Mudah Ajari Si Kecil Mengingat Daftar Belanja

Mengajak si Kecil yang baru saja menginjak tahapan usia 3+ berbelanja, dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan, sekaligus menjadi tempat tepat untuk dijadikan proses belajar. Tidak hanya mengajarkan disiplin dan tanggung jawab, tapi juga melatih kemampuan bahasa, kemampuan memori, dan atensi.

Bunda dapat mengajarkan cara berbelanja dengan memberikan daftar belanja bergambar, untuk memudahkan si Kecil. Simak tips-tips membuatnya berikut ini.

Membuat Daftar Belanja Bergambar

Terkadang pergi ke supermarket dapat membuat si Kecil rewel. Berikan daftar belanja bergambar untuk membuatnya tetap sibuk. Foto produk yang ingin dibeli, disertai keterangan seperti harga, berat, dan jumlah yang dibeli. Berikan kesempatan padanya untuk mencari barang-barang yang dibutuhkan sesuai dengan yang ada dalam daftar.

Jika sudah mendapatkannya, berikan stiker atau gunakan spidol warna-warni untuk menandai yang sudah dibeli, agar tidak terjadi belanja barang-barang yang sama. Barang-barang yang bisa dimasukkan ke dalam daftar biasanya berupa frozen food, alat-alat kebersihan rumah tangga, dan makanan bernutrisi seperti oat maupun roti.

Berikan Pujian

Berikan pujian secara tulus untuk memotivasi si Kecil, walau barang yang diambil mungkin belum sesuai dengan daftar belanjaan yang dipegang. Gunakan kalimat yang positif dan jangan menunjukkan letak kesalahannya di depan orang lain, karena dapat menbuat Ia menjadi malu dan rendah diri.

Apresiasi aksi cerdasnya ketika ia memutuskan tidak meminta atau merengek dibelikan barang yang tidak ada dalam daftar.

Stimulearn

Untuk si Kecil yang berusia di atas 3 tahun, aplikasi StimuLearn membantu menstimulasi si Kecil untuk belajar dan bereksplorasi secara interaktif bersama Bunda. Ada dua cara yang bisa Ayah dan Bunda lakukan. Seperti Island Market dimana Bunda dapat mengajaknya seolah-olah berbelanja di pasar dan mengenalkannya dengan berbagai jenis buah dan sayur, serta mengajaknya belajar berhitung.

Cara lainnya dengan daftar belanja. Bunda bisa memotret barang-barang yang perlu dibeli untuk kebutuhan bulan ini. Susun foto-foto tersebut secara berjajar horizontal, kemudian cetak atau print-out di kertas. Tunjukkan pada si Kecil dan mintalah dia untuk mengingatnya. Saat di supermarket, silakan memintanya untuk mengambilkan barang sesuai dengan yang ada di gambar. Selain bisa mengasah akal cerdasnya, juga bisa merangsang kemampuan kognitifnya khususnya dalam mencocokkan gambar dengan benda aslinya.

Ajarkan si Kecil cara yang baik dan tepat untuk berbelanja, tentunya dengan cara yang menyenangkan ya Bunda.