Parenting

Tips Si Kecil Tenang Berpisah dengan Bunda

04-11-2020

Tips Si Kecil Tenang Berpisah dengan Bunda

Pada usia 3 tahun, si Kecil masih takut berpisah dengan Ayah dan Bundanya. Meski mereka hanya pergi beberapa jam untuk bekerja. Namun bagi si Kecil, berpisah dengan orang tua adalah hal yang menakutkan.

 

Nah, agar si Kecil tetap tenang dan tidak menangis meraung-raung kala Bunda akan berangkat bekerja, berikut tipsnya:

1. Yakinkan Si Kecil bahwa Bunda akan Kembali Lagi

Pada usia 3 tahun, si Kecil masih mengira, perpisahan berarti pergi seterusnya. Bunda harus meyakinkan si Kecil bahwa nanti akan kembali lagi. Jelaskan padanya, Bunda hanya pergi ke kantor. Sore nanti, Bunda akan pulang menemui si Kecil dan bermain bersama lagi.

2. Hindari Pergi Diam-diam

Banyak orang tua tidak sabar dalam menghadapi si Kecil yang takut berpisah. Alasannya, mereka tidak ingin menyaksikan si Kecil meraung-raung ketika ditinggalkan. Hingga memutuskan untuk pergi diam-diam, sebelum si Kecil bangun dari tidur.

Sebaiknya, Bunda menghindari cara ini. Sesungguhnya trik ini kesalahan besar dan akan memperparah rasa takut kehilangan pada si Kecil. Sebab, si Kecil merasa Bundanya dapat menghilang kapan saja. Sehingga dapat membuat si Kecil menolak Bundanya pergi, di lain waktu.

Baca juga: Tips Saat Bunda Harus Meninggalkan Si Kecil di Rumah

3. Ciptakan Rasa Tenang

Saat akan meninggalkan si Kecil, ciptakanlah rasa tenang. Seperti memberikan benda kesayangan si Kecil. Bisa pula memberikan benda-benda yang dapat “mewakili” diri Bunda. Misalnya, foto keluarga. Benda-benda ini dapat memberikan rasa tenang pada si Kecil, ketika Bunda tidak ada di sampingnya. Atau memberikan rekaman suara untuk diputar saat Bunda sedang tidak bersama si Kecil.

4. Pamit Dalam Waktu Cepat

Bunda, janganlah berlama-lama ketika pamit akan pergi. Kepada si Kecil, Bunda cukup katakan saja akan pergi dulu dan kembali nanti sore. Berpamitan dalam waktu singkat berarti menegaskan bahwa Bunda harus beraktivitas, dan akan membuat si Kecil tenang. Sebaliknya, bila Bunda berlama-lama saat berpamitan, si Kecil justru akan semakin merasa ditinggalkan, seakan-akan tidak akan bertemu lagi dengan Bunda.

5. Atasi Rasa Takut si Kecil Mulai dari Rumah

Rasa takut pada di Kecil dapat terjadi di mana saja, termasuk di rumah. Kadang-kadang Bunda tidak bisa mengerjakan pekerjaan rumah, karena si Kecil menempel terus-menerus. Inilah saat yang tepat dalam melatih si Kecil untuk mengurangi rasa takut berpisah. Ketika Bunda akan mandi, misalnya, beritahu si Kecil untuk menunggu sebentar. Pelukan erat akan membuatnya tenang, dan memberi rasa percaya diri ketika Bunda meninggalkannya untuk mandi.

6. Beri Aktivitas

Si Kecil akan melupakan sejenak rasa takutnya, ketika sibuk beraktivitas. Oleh karena itu, ketika Bunda pamit akan pergi, berilah beberapa aktivitas pada si Kecil. Pilih aktivitas yang akan membuatnya sibuk, seperti peralatan menggambar dan mewarnai, atau balok-balok susun. Dengan demikian, si Kecil akan lebih mudah berpisah sementara dari Bunda.

Itulah tips agar anak mudah berpisah. Rasa takut pada si Kecil adalah emosi yang sejajar dengan rasa sedih. Jika Bunda dapat menghadapinya dengan baik, ketakutan si Kecil pada perpisahan pun perlahan-lahan dapat dikurangi.

DANCOW Lindungi Si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi

Baca juga: Jangan Sampai Stres Merawat Keluarga ya, Bunda