Parenting

Tanamkan Percaya Diri Si Buah Hati Agar Mandiri

06-11-2020

Tanamkan Percaya Diri Si Kecil Agar Mandiri

Ulang tahun pertama Si Buah Hati merupakan momen istimewa buat Ayah dan Bunda. Melihatnya tumbuh kembang dengan baik selalu membuat orang tua merasa bahagia. Kini ia sudah bisa berjalan, berlari, hingga memanjat-manjat. Dia pun bertingkah seperti sudah bisa melakukan segalanya sendiri.

Terkadang Ayah dan Bunda mungkin merasa khawatir saat Si Buah Hati berkeinginan kuat untuk melakukan banyak hal tanpa bantuan. Misalnya minum sendiri dari gelas dan makan sendiri dengan sendok. Atau di lain waktu dia akan mencoba mengambil mainan dari tempat tinggi dengan memanjat. Bunda, pada usia 1 tahun, Si Buah Hati memang sedang mengembangkan kepercayaan diri. Rasa ingin tahu yang begitu besar mendorong anak selalu ingin melakukan berbagai aktivitas tanpa dibantu. Maka, orang tua berperan untuk memupuk rasa percaya dirinya. Yuk cari tahu tips parenting agar anak mandiri:

1. Jangan Terlalu Protektif

Sebaiknya Bunda dan Ayah jangan terlalu banyak melarang Si Buah Hati melakukan ini itu. Sebab akan menghambat kreativitasnya. Bila Bunda terlalu protektif, dia tidak akan belajar mandiri. Yang perlu Bunda lakukan adalah mengawasinya agar tetap terlindungi saat mencoba melakukan beragam hal.

2. Beri Kebebasan

Biarkan Si Buah Hati bereksplorasi hingga ke sudut ruangan atau menjelajah pekarangan dan taman. Bunda tidak perlu cemas kalau rumah akan berantakan atau takut kalau dia akan terpapar kuman. Beri anak kepercayaan untuk bisa melakukan berbagai aktivitas sendiri dan bereksplorasi.

3. Beri Semangat

Mendampingi Si Buah Hati tidak berarti selalu membantunya lho.. Bunda bisa selalu meyakinkan, memberi semangat, dan mendorongnya untuk melakukan suatu aktivitas tertentu. Rasa percaya dirinya akan tumbuh jika dia yakin mampu melakukan sesuatu.

4. Amankan Arena Bereksplorasi

Pastikan bahwa lingkungan rumah cukup aman bagi balita. Sembunyikan kabel, stop kontak listrik, dan peralatan tajam. Jauhkan cairan beracun seperti sabun, deterjen, dan terpenting dari jangkauan Si Buah Hati. Jika Bunda yakin arena bereksplorasi sudah aman, biarkan dia berkeliling dengan bebas.

5. Selalu Ada untuk Si Buah Hati

Saat berusia satu tahun, Si Buah Hati sudah lebih sadar akan diri dan panca indera. Ia mulai menyadari bahwa lingkungannya lebih besar dan lebih tinggi, sehingga anak merasa tidak berdaya. Maka dia membutuhkan kehadiran Ayah dan Bunda untuk membuatnya kembali nyaman.

Terkadang anak bersikap seperti bayi lagi. Saat merasa tidak nyaman, Si Buah Hati akan mencari-cari orang tuanya, menempel pada Bunda dan bahkan menangis jika Ayah luput di pandangannya. Kejadian ini adalah hal yang wajar terjadi saat ia sedang belajar mengembangkan rasa percaya diri. Pastikan Bunda selalu ada untuk memperkokoh perasaan aman.

Tanamkan keyakinan pada diri Si Buah Hati, agar ia merasa mampu melakukan banyak hal saat bereksplorasi. Juga tetap awasi dan dampingi anak dalam setiap kegiatan. Ini akan menjadi modal tumbuhnya kepercayaan diri.