Nutrisi

Manfaat Susu Pertumbuhan untuk Si Buah Hati yang Memasuki Usia Prasekolah

16-09-2020

susu-pertumbuhan-melengkapi-kebutuhan-gizi-anak

Di usia Prasekolah 3-5 tahun, perlukah Si Buah Hati rutin minum susu pertumbuhan anak? Berdasarkan rekomendasi Akademi Pediatrik Amerika, anak di usia Prasekolah boleh mengonsumsi maksimal dua gelas susu per hari. Hal ini mungkin pernah Bunda pertanyakan saat Si Buah Hati memasuki masa Prasekolah. Faktanya, usia Prasekolah 3-5 tahun adalah periode pertumbuhan penting bagi Si Buah Hati. Tentunya, Si Buah Hati membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap untuk mendukung tumbuh kembangnya. Selain memberikan makanan bergizi, Bunda juga dapat bantu penuhi nutrisi Si Buah Hati dengan susu pertumbuhan. Bunda juga perlu memberikan Si Buah Hati susu secara rutin. Yuk, ketahui lebih jauh apa saja manfaat rutin mengonsumsi susu pertumbuhan bagi Si Buah Hati yang mulai memasuki usia Prasekolah

 

1. Membantu Proses Tumbuh Kembang

Menurut dokter anak dan peneliti Jonathon L. Maguire di St. Michael Hospital, Toronto, vitamin D dan zat besi merupakan beberapa nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang anak. Zat besi dibutuhkan untuk perkembangan otak dan Vitamin D bermanfaat untuk kesehatan tulang, otak, serta otot.

 

2. Membantu Melengkapi Memenuhi Kebutuhan Gizi

Semakin bertambah usia Si Buah Hati, tentu kebutuhan gizi hariannya akan semakin besar. Berdasarkan angka kecukupan gizi yang dikeluarkan oleh kementerian kesehatan, anak usia prasekolah membutuhkan asupan protein, lemak seperti omega 3 & 6, dan karbohidrat Selain asupan makanan bernutrisi, susu pertumbuhan bisa jadi pelengkap agar kebutuhan gizinya tercukupi. Namun yang perlu diingat, susu pertumbuhan adalah pelengkap dan bukan pengganti makanan utama.

 

3. Membantu Melindungi Kesehatan Saluran Cerna Si Buah Hati

Beberapa susu pertumbuhan memiliki tambahan kandungan berupa bakteri baik yang membantu lindungi kesehatan saluran pencernaan. Contoh bakteri baik yang ada dalam susu pertumbuhan adalah Lactobacillus rhamnosus dan Bifidobacterium longum. MenurutLebih lanjut, Ikatan Dokter Anak Indonesia mengungkapkan, asam laktat yang dihasilkan oleh bakteri baik seperti Lactobacillus rhamnosus  bisa membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan diare. Dengan saluran cerna yang lebih sehat, proses belajar dan eksplorasi Si Buah Hati pun jadi lebih terlindungi.

 

Selain dengan memberikan Si Buah Hati makanan bergizi, Bunda juga dapat bantu penuhi nutrisi penting untuk perkembangannya dengan memberikan susu pertumbuhan. S
Si Buah Hati yang memasuki usia Prasekolah tentunya sangat aktif. Apalagi jika Si Buah Hati sudah mulai masuk PAUD, ia tentu banyak belajar hal baru dan bereksplorasi sehingga ia butuh perlindungan kesehatan yang lebih optimal agar dapat beraktivitas. Dengan nutrisi tambahan dan kandungan baik lainnya yang didapat dari susu pertumbuhan, proses belajar dan eksplorasi Si Buah Hati jadi lebih terlindungi.

 

Saat memilih berikan susu pertumbuhan anak kepada Si Buah Hati yang memasuki usia Prasekolah, pilihlah susu yang sesuai dengan usianya ya, Bunda.

Umumnya tiap susu pertumbuhan diformulasikan untuk tahapan usia tertentu, sehingga kandungan nutrisi di dalamnya pun disesuaikan dengan kebutuhan anak di tahapan usia tersebut. Sepejangan lupa untuk memantau tumbuh kembang Si Buah Hati agar Bunda dapat mengecek apakah cek juga apakah perkembangan Si Buah Hati sudah sesuai dengan usianya. Bunda bisa menggunakan  di Nutritods 101 Monitor.  Lewat Nutritod 101 Monitor, Bunda juga bisa mendapatkan berbagai ide aktivitas seru untuk mengoptimalkan perkembangan Si Buah Hati di masa prasekolah., lho​.