Nutrisi

Pentingnya Susu untuk Dukung Pencernaan Anak Sehat

22-04-2022

Susu untuk Pencernaan Anak agar Daya Tahan Tubuh Meningkat

Tahukah Bunda bahwa daya tahan tubuh Si Buah Hati sangat dipengaruhi oleh kondisi saluran pencernaannya? Alasannya adalah 70 persen dari sistem imunnya terdapat di pencernaan.

 

Makanya, apapun makanan dan minuman yang ia konsumsi sehari-hari akan sangat berpengaruh kepada daya tahan tubuhnya. Konsumsi susu untuk pencernaan anak yang mengandung serat pangan dan probiotik akan membantu menjaga sistem pencernaannya tetap sehat.

 

Menurut IDAI, saluran cerna tersusun dari jaringan limfoid dan sebagian besar selnya menghasilkan antibodi. Jaringan limfoid di saluran cerna merupakan jaringan limfoid terbesar di dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, saluran cerna sangat berperan dalam sistem imun tubuh secara keseluruhan.

 

Menjaga saluran cerna agar tetap sehat menjadi cara untuk memastikan agar fungsi sistem imun anak berjalan normal. Kunci mendapatkan saluran pencernaan anak yang sehat ada pada serat pangan, cairan, dan olahraga. Jika salah satunya tidak dapat terpenuhi, maka saluran pencernaan akan mengalami gangguan.

 

     Serat pangan

Anak-anak dan orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi serat sebanyak 14 gram dari setiap 1.000 kalori makanan yang dikonsumsi. Untuk anak prasekolah, ini berarti sekitar 25 gram serat per hari. Serat bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan kaya serat, seperti sayuran dan buah-buahan yang cukup sesuai dengan panduan Isi Piringku sekali makan, yaitu 2/3 dari ½ piring untuk sayuran dan 1/3 dari ½ piring untuk buah-buahan.

 

Serat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dengan cara menyerap air di dalam usus besar, sehingga ukuran feses lebih besar, konsistensinya lebih lunak, dan mudah dikeluarkan. Serat juga dapat menjaga kesehatan usus besar dengan mencegah terjadinya hemoroid dan penyakit divertikula.

 

     Cairan

Saat Si Buah Hati mengonsumsi serat pangan yang cukup tapi kurang asupan cairan, maka ia berpotensi mengalami masalah sembelit di saluran pencernaan. Karena itu, pastikan ia minum lima gelas atau satu liter cairan dalam sehari. Tentu saja, cairannya yang sehat seperti air putih dan susu; hindari pemberian jus buah, soda, dan minuman manis untuk anak. 

 

     Olahraga

Berolahraga tak hanya membuat tubuh Si Buah Hati menjadi lebih bugar, tapi juga lebih sehat. Saat ia aktif bergerak aktif, maka segala sesuatu di tubuhnya akan mengalir dengan lancar, mulai dari darah sampai ke makanan yang dicerna di saluran pencernaan. Proses mencerna makanan menjadi lebih lancar karena sistem pencernaannya ikut aktif dan dapat mencerna makanan dengan lebih baik.

 

Selain ketiga hal di atas, hal lain yang juga dapat membantu saluran pencernaan anak adalah probiotik. Kehadiran bakteri baik ini di saluran cerna akan membuat sistem pencernaan bekerja dengan baik. Selain itu, bakteri baik ini berkaitan erat dengan sistem imun karena sel-sel imun di banyak berinteraksi dengan bakteri baik ini. Pola makan yang sehat dan tinggi serat akan memastikan jumlah bakteri baik ini tetap banyak di saluran pencernaan sehingga terjaga kesehatannya.

 

Baca Juga: Susu Pertumbuhan yang Bagus untuk Anak

 

Salah satu cara yang dapat Bunda lakukan untuk memastikan saluran pencernaan selalu sehat adalah dengan memberikan susu untuk pencernaan anak. Susu ini difortifikasi dengan gizi-gizi yang dapat membantu sistem pencernaan anak tetap sehat dan berfungsi dengan baik, misalnya serat pangan dan/atau probiotik.

 

Susu yang baik untuk pencernaan juga tidak mengandung gula tambahan (sukrosa) yang dapat memicu berkurangnya jumlah bakteri baik di pencernaan.

 

Bunda bisa memberikan Si Buah Hati  DANCOW 3+ Nutritods. Susu bubuk ini memiliki kandungan 0 gram sukrosa serta dilengkapi dengan Lactobacillus rhamnosus. DANCOW 3+ Nutritods juga dapat bantu melengkapi pemenuhan kebutuhan gizi Si Buah Hati karena tinggi kandungan zat besi dan zink, minyak ikan (DHA) serta omega-3 dan 6, juga tinggi Vitamin A dan C yang dapat berkontribusi terhadap fungsi normal daya tahan tubuhnya, jika disertai dengan diet gizi seimbang. Tersedia dalam pilihan rasa Madu, Vanilla, dan Cokelat.

 

Memberikan susu untuk pencernaan anak untuk sehari-hari akan membantunya memiliki saluran pencernaan yang sehat serta daya tahan tubuh yang optimal.

 

Referensi: