Stimulasi

Bunda Lihat, Pesawat Kertas Kakak Bisa Terbang!

09-11-2020

Lihat, Pesawat Kertas Kakak Bisa Terbang!

Pada tahapan usia 5+, Si Buah Hati sedang dalam masa puncak mengembangkan kemampuan kognitif, daya imajinasi, dan kreativitasnya. Ada banyak cara yang bisa Bunda lakukan untuk mendukung stimulasinya. Salah satu caranya adalah membuat pesawat kertas. Tidak hanya mengisi waktu dengan aktivitas yang menyenangkan, tapi juga dapat menstimulasi kemampuan atensi dan psikomotoriknya. Simak cara-cara lain untuk mengasah kreativitasnya.

Sediakan Sumber Daya untuk Mengasah Kreativitas

Sumber daya terpenting yang bisa Bunda sediakan untuk mendukung eksplorasinya adalah waktu dan ruang. Si Buah Hati perlu banyak waktu bebas dan ruang cukup luas untuk mengasah sisi kreatifnya. Berikan ruang tersendiri seperti di loteng, di sudut kamar, atau garasi. Terkadang dia akan membuat ruang menjadi berantakan dan kotor, tapi untuk mengasah aksi cerdasnya hal tersebut adalah hal yang bisa diatasi dengan mudah. Bunda juga bisa menyediakan perlengkapan seperti kain flanel, kertas dan perlengkapan lainnya.

Berikan Kebebasan

Bebaskan Si Buah Hati untuk mengeluarkan ide-ide kreatifnya. Untuk mengasah proses belajarnya, Bunda dapat mundur sedikit dan berikan ruang. Terlalu mendiktenya hanya akan mematikan bakat dan kreatifitasnya. Puji dan beri semangat walau hasil yang didapatkan terkadang tidak sesuai dengan keinginannya. Kata-kata yang positif dapat mendorongnya untuk makin menggali kemampuan yang dimiliki.

Sediakan Fasilitas yang Diperlukan

Sekarang, banyak sekali tempat-tempat yang menyediakan kursus-kursus kesenian seperti melukis, membuat patung, menjahit atau aktivitas seni lainnya yang mampu mengembangkan kemampuan psikomotoriknya. Jika Si Buah Hati berminat, Bunda dapat mendaftarkannya untuk memperluas pengetahuan dan memperdalam keterampilannya. Tapi, jangan pernah memaksanya ya Bunda, agar dia tidak mengalami trauma atau tertekan, yang dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya secara keseluruhan.

Lakukan cara-cara di atas untuk mengasah kreativitas Si Buah Hati. Maksimalkan proses belajarnya dengan mengenalkan beragam game interaktif dalam aplikasi StimuLearn. Bunda dapat mengunduh aplikasi ini secara mudah dan gratis lho. Bila menggunakan gadget dengan platform Android, langsung unduh aplikasi ini dari Google Play. Sebaliknya, bila menggunakan gadget dengan platform iOS, aplikasi StimuLearn bisa langsung diunduh dari App Store.

Jangan lupa, Bunda bisa mengajarkan Si Buah Hati untuk meluangkan waktu meminum susu demi tumbuh kembangnya. Berikan Si Buah Hati segelas susu DANCOW 5+ Nutritods. Susu ini mengandung 0 gram sukrosa, tinggi zinc, vitamin C, vitamin B6, B12, biotin, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus.