Stimulasi

Stimulasi Kecerdasan Si Kecil Jelang Masuk Sekolah Dasar

06-11-2020

Stimulasi Kecerdasan Si Kecil Jelang Masuk Sekolah Dasar

Bunda, bagi anak-anak Indonesia, usia lima tahun adalah masa memasuki bangku Taman Kanak-kanak (TK) sebagai persiapan memasuki tahapan Sekolah Dasar (SD). Di usia ini, perkembangan kecerdasan anak kian diasah. Menurut pengamat perkembangan anak, Lely Noormindhawati dalam bukunya, 8 Tahun yang Menakjubkan, si Kecil memerlukan stimulasi kecerdasan dan bersosialisasi agar mudah beradaptasi dengan pelajaran dan teman-temannya.

Namun karena masih dalam usia bermain, Lely menganjurkan Bunda mengajaknya belajar melalui beragam permainan. Misalnya mengenalkan huruf, angka, warna, dan berhitung sederhana lewat permainan atau bernyanyi. Selain itu, ada tiga hal yang harus Bunda cermati dari perkembangan si Kecil:

1. Motorik

Perkembangan motorik berhubungan erat dengan kemampuan fisik si Kecil. Di setiap tahapan usia, anak akan mengalami beragam perkembangan. Untuk yang berumur 5 tahun, biasanya ia sudah mampu berlompat, menangkap bola kecil dengan dua tangan, menggambar orang atau bentuk bangun, menempel gambar dengan baik, atau menggunting ikut pola.

Ia juga sudah bisa menggunakan alat tulis dengan benar, menggambar sesuai imajinasi, membentuk benda dari tanah liat atau pasir, bermain plastisin, memasukkan benang ke lubang jarum, menjiplak, serta menjahit sederhana. Untuk itu, Bunda perlu memberikannya stimulasi sesuai dengan perkembangan kemampuannya.

2. Kognitif

Di usia ini, biasanya anak sudah bisa berpikir simbolis. Sehingga sudah bisa mengenal huruf dan angka. Ia pun telah mampu berhitung hingga 50, memahami bentuk dan ukuran. Untuk mendukungnya, Bunda bisa memberikannya stimulasi berupa permainan mengenal lambang-lambang. Misalnya memperkenalkannya dengan rambu-rambu lalu lintas kala berkendara atau menjelaskan lambang petunjuk yang biasa tersebar di tempat bermain atau pusat perbelanjaan.

3. Bahasa

Perkembangan logika si Kecil akan sejalan dengan penambahan kosakatanya. Di usia ini, ia akan memiliki tata bahasa yang semakin baik. Selain itu, dia juga mampu mengucapkan kalimat berpola Subjek-Predikat-Objek-Keterangan, serta dapat mengekspresikan keinginannya dengan kata-kata.

 

Agar kecerdasannya semakin terasah, ada baiknya Bunda menggali potensi dan bakat Si Kecil di usia ini. Selanjutnya, asah dan eksplorasilah kemampuannya lewat beragam stimulasi dan aktivitas. Sehingga kreativitas dan talentanya semakin terasah.

Dancow bantu lindungi eksplorasi si Kecil #DANCOWLindungi