Parenting

Simak 7 Cara Mengajarkan Anak Berhitung yang Menyenangkan Ini!

21-02-2022

Cara mengajarkan anak berhitung

Salah satu keterampilan dasar yang dipelajari si Buah Hati di Sekolah Dasar adalah berhitung. Sebenarnya ia sudah belajar dasar-dasar berhitung jauh lebih awal, tapi ia tidak memahami bahwa angka memiliki arti.

 

Tidak apa, Bunda, karena ia akan belajar berhitung dengan benar saat ia sudah siap. Dalam perjalanan menuju ke sana, Bunda bisa menerapkan cara mengajarkan anak berhitung yang menyenangkan di rumah agar ia senang mempelajarinya.

 

Sebenarnya ada tiga prinsip berhitung yang harus dipahami si Buah Hati agar ia bisa menguasainya, yaitu hubungan antara angka dan objek yang dihitung, urutan angka-angka, dan kardinalitas, yaitu angka terakhir yang ia sebutkan merupakan jumlah total dari objek yang ia hitung.

 

Bunda bisa mendasarkan cara mengajarkan anak berhitung pada tiga prinsip ini. Namun, sebelum mengajarkannya berhitung, perlu Bunda pahami bahwa tumbuh kembang si Buah Hati memiliki kecepatannya sendiri.

 

Memaksa anak untuk belajar saat ia belum siap berpotensi membuatnya jadi tidak menyukai kegiatan belajar tersebut, apalagi jika dilakukan sambil marah-marah. Lebih baik ajak si Buah Hati belajar dengan cara yang menyenangkan tanpa paksaan, sehingga saat ia sudah siap, ia akan dengan otomatis merespon apa yang Bunda ajarkan.

 

Bunda bisa mengajarkan si Buah Hati berhitung dengan menerapkan cara mudah mengajarkan anak berhitung berikut ini:

 

  • Menghitung jari-jari tangan dan kaki
    cara mengajarkan anak berhitung ini tergolong paling mudah. Si Buah Hati pun akan tertarik melakukannya karena menggunakan anggota tubuhnya sendiri.

 

  • Mengenalkan angka menggunakan kalender atau jam dinding

Si Buah Hati bisa melihat dan mempelajari bentuk angka dan urutannya di pernak-pernik rumah ini.

 

  • Menyelipkan berhitung dalam kegiatan yang disukai

Jika si Buah Hati senang membaca buku bergambar, menonton film animasi, atau mewarnai, Bunda bisa menyelipkan tentang berhitung sambil melakukan kegiatan tersebut, misalnya, “Yuk, hitung ada berapa kucing di gambar ini!”

 

  • Berburu angka

Selain kalender dan jam dinding, ada banyak benda-benda di rumah yang menampilkan angka. Bunda bisa mengajak si Buah Hati “berburu” benda yang menunjukkan angka, misalnya remote televisi, keyboard komputer, nomor rumah, dan lain-lain.

 

  • Berhitung sambil menyanyi

Bunda bisa memanfaatkan lagu anak-anak sebagai cara mengajarkan anak berhitung cepat, di antaranya lagu “Balonku”, “Satu ditambah Satu”, atau “Satu Satu Aku Sayang Ibu”.

 

  • Melibatkan anggota keluarga

Belajar jadi menyenangkan saat dilakukan bersama-sama. Bagi si Buah Hati, belajar berhitung dengan melibatkan anggota keluarga akan lebih menyenangkan. Misalnya, ajak ia menghitung berapa piring yang harus disediakan di meja makan untuk seluruh keluarga, atau jumlah kaus kaki hitam dan kaus kaki putih milik Ayah.

 

  • Berhitung menggunakan mainan

Ada banyak mainan edukatif yang ditujukan untuk membantu si Buah Hati belajar berhitung, mulai dari yang sangat mendasar seperti mengurutkan angka sampai mempelajari tentang kardinalitas. Ia pasti menyukainya karena belajar dilakukan sambil bermain.

 

Mengulik berbagai cara mengajarkan anak berhitung memang asyik. Namun Bunda jangan lupa bahwa untuk bisa menyerap apa yang Bunda ajarkan, ia butuh nutrisi yang adekuat.

 

Untuk si Buah Hati berikan DANCOW 3+ Nutritods yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya. Susu bubuk ini mengandung 0 gram sukrosa, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega-3 dan 6, serat pangan, tinggi Vitamin A dan C, dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus.

 

Setelah mendapatkan asupan nutrisi, kini Bunda siap mengajarkan si Buah Hati berhitung, dan ia pun siap belajar serta menyerap ilmu yang Bunda ajarkan.

 

Referensi:

 

 

 

 

Early numeracy skills: how to develop them (2021) – Raising Children. Retrieved February 2, 2022, from https://raisingchildren.net.au/babies/play-learning/learning-ideas/early-numeracy