Nutrisi

Ajari Si Kecil Mandiri dengan Makan Sendiri

09-11-2020

Ajari Si Kecil Mandiri dengan Makan Sendiri

Proses belajar si Kecil menyantap makanan sendiri bisa jadi akan membuat meja makan terlihat kotor nan berantakan. Mungkin Bunda tidak betah melihatnya, tapi tak apa. Sebab pilihan Bunda untuk mengajari si Kecil makan sendiri menyimpan banyak manfaat yang berguna ketika tumbuh besar. Seperti membantu si Kecil untuk belajar mengukur jumlah asupan makanan yang dibutuhkan.

Menurut dr Bernie Endyarni Medise dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, Bunda perlu memberikan waktu yang cukup bagi si Kecil untuk mengeksplorasi kemampuannya makan sendiri. Seperti jangan membersihkan mulut si Kecil selama proses belajar makan. Namun bantulah dia merapikan diri setelah selesai bersantap. Manfaat cara ini adalah memberikan kepercayaan diri bahwa si Kecil bisa melakukan aktivitas makan tanpa dibantu orang dewasa.

Bunda sendiri bisa melatih si Kecil untuk makan sendiri setelah berusia di atas 1 tahun. Bertambah besar dan sering makan sendiri, maka si Kecil akan semakin terampil.

Nah, jika Bunda ingin mulai mencoba melatih si Kecil makan sendiri, ada empat tips stimulasi yang bisa dicoba. Berikut penjelasan psikolog anak, Ratih Ibrahim, dalam wawancara 7 Agustus 2015:

1. Meja Khusus

Ketika si Kecil menginjak usia satu tahun, Bunda sebaiknya membelikan meja makan khusus. Letakkanlah mejanya dekat dengan meja makan keluarga. Penting sekali saat ia makan, anggota keluarga yang lain juga ikut makan. Bila tidak ada meja khusus, Bunda bisa membantu si Kecil duduk di meja makan keluarga dengan bangku beralaskan bantalan empuk.

2. Mulai dari Tangan

Awali stimulasi Bunda dengan mengenalkan si Kecil pada “finger food” atau makanan yang bisa disantap dengan tangan seperti biskuit, kentang rebus, atau buah yang dicincang. Pastikan agar tangan dan area makan si Kecil bersih dari kuman. Karena makanan yang Bunda berikan mungkin terjatuh lalu dia belajar memungut, dan kembali memasukkannya ke mulut.

3. Lanjut dengan Sendok

Jika sudah pandai memungut dan melahap makanan dengan tangan sendiri, tahap selanjutnya adalah mengajari si Kecil memegang sendok. Beri contoh cara makan dengan sendok dan biarkan si Kecil mengamati Bunda. Apa yang ia amati, akan ditirukan.

4. Bundaku Idolaku

Proses belajar makan sendiri akan lebih efektif lagi, jika Bunda menyantap makanan yang sama dengan si Kecil. Contoh praktisnya, kalau Bundanya makan tomat, si Kecil juga makan tomat. Tunjukkan ekspresi yang bahagia atau lahap saat Bunda makan tomat. Hal ini membangun persepsi bawah sadar si Kecil bahwa tomat itu enak rasanya untuk dimakan. Inilah salah satu cara agar si Kecil tidak jadi “picky eater” atau terbiasa pilih-pilih makanan di kemudian hari.

Selain membuat si Kecil mampu mengatur asupan nutrisi, kebiasaan makan sendiri membuatnya lebih mandiri dan mengurangi ketergantungannya terhadap Bunda. Selamat mencoba!

DANCOW Lindungi Si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi