Parenting

Pentingnya Vitamin A agar Daya Tahan Tubuh Anak Kuat

24-11-2020

Vitamin A Agar Daya Tahan Tubuh Kuat

Memberikan vitamin agar daya tahan tubuh anak kuat memang menjadi pilihan beberapa orang tua.  Dari sekian banyak nutrisi yang ada dan bermanfaat untuk tubuh, salah satu yang menjadi pilihan adalah vitamin A. Namun apakah benar memberikan vitamin A penting untuk menjaga daya tahan tubuh Si Buah Hati, terutama saat situasi seperti sekarang ini?

Vitamin A yang lebih sering dikenal sebagai vitamin untuk kesehatan mata ternyata juga bermanfaat untuk imunitas anak, lho. Untuk Bunda yang masih ragu atau belum memahami tentang fakta seputar vitamin A untuk daya tahan tubuh, yuk temukan penjelasannya di sini.

Apa Hubungan Vitamin A dengan Daya Tahan Tubuh Si Buah Hati?

Vitamin A merupakan sebuah mikronutrien yang penting dalam menjaga kesehatan penglihatan, namun vitamin ini juga dikenal sebagai vitamin anti inflamasi karena peran pentingnya dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Vitamin A memproduksi penghalang serta menjadi garis pertahanan tubuh Si Buah Hati karena vitamin ini membentuk antibodi yang berperan dalam melenyapkan penyebab infeksi.

 

Anak-Anak Rentan Kurang Asupan Vitamin A

Faktanya, di tahun 2013, menurut data WHO hampir 1/3 dari anak-anak dari seluruh dunia berusia 6-59 bulan mengalami kekurangan asupan vitamin A. Ini berarti masih sangat banyak anak-anak dari berbagai penjuru negara, termasuk Indonesia, yang tidak mendapatkan asupan vitamin A cukup setiap harinya. Padahal kekurangan vitamin A di masa kecil bisa memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan anak-anak

 

Dampak Kekurangan Vitamin A


1

Masih menurut laporan WHO, kekurangan vitamin A merupakan penyebab utama masalah kebutaan pada masa kanak-kanak yang sesungguhnya dapat dicegah. Selain itu, kekurangan vitamin A juga meningkatkan risiko kematian akibat penyakit umum yang diderita anak-anak seperti diare.

 

Dampak Kelebihan Vitamin A

Vitamin imunitas anak seperti vitamin A ini bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi Si Buah Hati sehari-hari, kecuali Si Buah Hati benar-benar kekurangan asupan vitamin A sebenarnya Bunda tak perlu memberikannya suplemen vitamin A. Jika Si Buah Hati sejak kecil mengonsumsi vitamin A dalam jumlah yang terlalu banyak dan untuk jangan waktu yang sangat lama, ini pun tidak baik untuk kesehatannya. Efek sampingnya antara lain masalah pada tulang serta gangguan pencernaan dan penglihatan.

 

Berapa Banyak Vitamin A yang Dibutuhkan Si Buah Hati?

1

Menurut Angka Kecukupan Gizi yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI, untuk anak usia Prasekolah, kebutuhan asupan vitamin A tiap harinya adalah sebanyak 450 mikro gram.

Baca Juga: Optimalkan Kesehatan Anak dan Matanya dengan Vitamin A

Sekarang Bunda sudah tahu kan, bahwa vitamin A itu juga dikenal sebagai salah satu vitamain agar daya tahan tubuh anak kuat. Untuk itu, pastikan Bunda memenuhi asupan vitamin A harian Si Buah Hati dengan memberikan nutrisi yang lengkap dan seimbang.

DANCOW 3+ Nutritods dengan kandungan 0 gram sukrosa, Jebih banyak laktosa, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, tinggi vitamin A & C dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus. Bantu dukung  eksplorasi  masa Prasekolah Si Buah Hati usia  3-5 tahun  #PreschoolExpert.

9 dari 10 Ibu berpendapat, DANCOW 3+ Nutritods bantu anak saya terlihat aktif*. Sebagai #PartnerBunda, DANCOW Nutritods membantu Bunda untuk #TerusLindungiEksplorasi Si Buah Hati. Ingin tahu lebih banyak vitamin apa lagi yang perlu dikonsumsi Si Buah Hati agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga? Cek info lengkapnya di sini.

Memberikan vitamin agar daya tahan tubuh anak kuat memang tak ada salahnya, Bunda. Namun tetap ingat untuk memberikan vitamin dalam jumlah yang pas, tidak kurang dan tidak lebih, agar Si Buah Hati bisa menikmati nutrisi perlindungannya dengan optimal, ya.