Parenting

Membaca Dongeng, Metode Bermain sambil Belajar untuk Si Buah Hati

04-11-2020

Membaca Dongeng, Metode Bermain sambil Belajar untuk Si Kecil

Salah satu langkah awal bagi optimalnya perkembangan Bahasa anak adalah dengan membaca buku cerita atau dongeng bersama. Membaca buku cerita bersama Si Buah Hati adalah kegiatan bermain sambil belajar yang biasanya sangat disukai Si Buah Hati. Iya kan, Bunda? Semakin menyenangkan jika ia pun sudah bisa menceritakan dongeng favoritnya, dengan menirukan beberapa gerakan andalannya.

“Nah kak, akhirnya kura-kura  berhasil mengalahkan kelinci dalam lomba lari!” Serunya Bunda bercerita, apalagi ditambah beragam gambar dan warna menarik. Hal tersebut adalah bentuk stimulasi yang mendukung proses berkembangnya kemampuan memori dan perhatian Si Buah Hati. Oleh karena itu, berikan kesempatan kepada Si Buah Hati untuk berinteraksi dengan buku ceritanya. Dengan melihat gambar-gambar yang lucu dan menarik, ia akan dengan asik mengembangkan cerita-cerita serunya dengan kemampuan bahasa yang semakin berkembang.  

Bunda, baca juga artikel ini: Asah Kemampuan Berbahasa Si Buah Hati dengan Lagu Sederhana

Bunda juga dapat menceritakan cerita kesayangannya dengan boneka, mobil-mobilan, atau mainan kesayangan Si Buah Hati sebagai alat peraga. Bahkan menggambarkan tokoh di dalam cerita bersama dengan Si Buah Hati, bisa menjadi bagian dari aktivitas bercerita yang menyenangkan lho, Bunda. Selain itu Si Buah Hati juga bisa bermain sambil belajar berhitung melalui cerita yang berhubungan dengan soal berhitung. Ayo Bunda, ajak Si Buah Hati mengarang ceritanya sendiri. Kegiatan ini akan melatih daya imajinasi dan kemampuan berbahasanya, lho!