Stimulasi

Menyanyi Ternyata Baik untuk Tumbuh Kembang Si Buah Hati

28-07-2021

Bernyanyi mendukung tumbuh kembang anak

Tahapan tumbuh kembang Si Buah Hati pada usia tiga tahun salah satunya ditandai dengan kemampuan bahasa yang semakin berkembang pesat.  Kemampuan bahasa ini sebenarnya akan terus berkembang pesat sejak Si Buah Hati berusia dua tahun, sehingga seiring bertambahnya umur di usia 5 tahun Si Buah Hati bisa mengetahui lebih dari 2.000 kosakata. Di usia tiga tahun Si Buah Hati juga sudah bisa mengingat serta menirukan kalimat-kalimat panjang yang berisi hingga enam kata. Makanya tak heran kalau di usia ini, Si Buah Hati biasanya sudah bisa menyanyikan lagu-lagu berlirik sederhana.

Tahukah Bunda kalau perkembangan bahasa Si Buah Hati juga bisa ditingkatkan lewat kegiatan bernyanyi? Menurut sebuah penelitian di tahun 2019 tentang hubungan antara musik dan kemampuan bahasa anak usia Prasekolah, menyanyi bisa menjadi salah satu kegiatan untuk mengasah kemampuan bahasa anak. Tak hanya itu, menyanyi juga punya berbagai manfaat lain bagi Si Buah Hati, mulai dari mengembangkan motorik kasar dan halus pada sistem vokal, membangun kepercayaan diri, membantu Si Buah Hati menyampaikan perasaan, mendukung perkembangan kemampuan sosialnya, hingga mengasah potensi Si Buah Hati. Jadi meski Si Buah Hati mungkin kemampuan bernyanyinya masih belum baik atau baru bisa menyanyikan sebagian lirik dari sebuah lagu, namun Bunda perlu terus mendukung eksplorasinya di bidang ini. Berikut ini ada beberapa cara seru yang dapat Bunda lakukan untuk mendukung Si Buah Hati terus bereksplorasi lewat kegiatan bernyanyi.

 

  1. Membuat Panggung Sederhana

image

Berikan “panggung” untuk Si Buah Hati menampilkan nyanyiannya. Misalnya, menggunakan area taman di rumah, di atas meja, atau di area bermain di kamarnya yang sudah disulap menjadi panggung sederhana. Biarkan Si Buah Hati menghibur Bunda dan keluarga dengan menyanyikan lagu pilihannya dari atas panggung

 

  1. Pura-Pura Tampil di TV

image

 

Ubah kardus bekas menjadi kotak TV  lalu mintalah Si Buah Hati seolah-olah sedang bernyanyi untuk sebuah acara TV. Ajak seluruh anggota keluarga untuk menyaksikan penampilan spesial dari Si Buah Hati. Jangan lupa untuk memberikan tepuk tangan saat penampilan bernyanyi Si Buah Hati selesai ya, Bunda.

 

Baca Juga: Kenapa Baca Dongeng Penting untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Si Buah Hati?

  1. Membuat Lagu dari Aktivitas Sehari-hari

image

 

Sesekali, tak ada salahnya Bunda dan Si Buah Hati membuat lagu sendiri untuk dinyanyikan saat melakukan aktivitas harian. Misalnya membuat lagu saat menggosok gigi, beres-beres mainan, dan sebagainya. Selain kegiatan jadi menyenangkan, Bunda juga melatih kreativitas Si Buah Hati.

 

  1. Bernyanyi Sambil Menari

image

Sambil bernyanyi, ajak juga Si Buah Hati menari atau menggerakkan tubuh mengikuti alunan lagu yang dinyanyikan untuk menstimulasi tumbuh kembang Si Buah Hati khususnya kemampuan motoriknya, ya. Bunda juga bisa membuat gerakan sesuai lirik lagunya, ya. Misalnya jika menyanyikan lagu “Topi Saya Bundar" Bunda bisa mengajak Si Buah Hati membuat gerakan menyentuh kepala dan membuat lingkaran untuk menggambarkan topi.

 

Teruslah berikan dukungan untuk tumbuh kembang Si Buah Hati dengan memberikan stimulasi, disertai dengan nutrisi seimbang agar kemampuan yang ia miliki berkembang optimal dan ia dapat bebas bereksplorasi tanpa henti.

Bunda juga bisa memberikan DANCOW 3+ Nutritods dua gelas dalam sehari untuk lindungi langkah eksplorasi Si Buah Hati. DANCOW 3+ Nutritods mengandung 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa dibandingkan formula sebelumnya, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, tinggi vitamin A & C dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus .

Yuk, Bunda, bagikan juga momen eksplorasi Si Buah Hati bersama DANCOW 3+ Nutritods  menggunakan stiker Instagram Story. Caranya bisa dilihat lewat link ini, ya.