Stimulasi

5 Rutinitas untuk Bantu Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

18-08-2022

5 Rutinitas untuk Bantu Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Memiliki Buah Hati yang cerdas dan sehat merupakan impian para orang tua. Kecerdasan, walau ada yang didapatkan secara genetis, tapi juga bisa ditingkatkan dengan menerapkan rutinitas yang terbukti memang dapat meningkatkan kecerdasan otak Si Buah Hati dan membuatnya bersemangat untuk belajar. Cara-caranya tidak sulit lho, Bunda, tapi memang peranan orang tua sangat penting untuk membuat fungsi otaknya menjadi optimal, terutama pada anak usia dini.

Proses Belajar Anak Usia Dini

Otak Si Buah hati mengalami perkembangan yang sangat pesat pada seribu hari pertama kehidupan. Pada usia prasekolah, otaknya telah berkembang sampai 90 persen dari otak orang dewasa. Kondisi ini tentunya tidak boleh disia-siakan. Usia-usia ini menjadi masa yang tepat untuk memberikan stimulasi dan zat gizi yang penting bagi perkembangan otaknya.

Namun pentingnya usia ini untuk perkembangan otak Si Buah hati jangan sampai membuat Bunda jadi berlebihan dalam memberi stimulasi, ya. Perlu Bunda pahami bahwa stimulasi yang tepat adalah yang diberikan secara alami dan sesuai dengan usianya. Selain itu, sesuai prosesnya, ia perlu mempelajari hal-hal yang mendasar terlebih dahulu sebelum mempelajari hal-hal yang lebih canggih. Karena itu, memberi stimulasi untuk keterampilan yang mendasar terlebih dahulu dan sesuai usianya lebih disarankan daripada memberi stimulasi yang sebenarnya belum ia perlukan.

Perlu Bunda pahami juga bahwa selain memberikan stimulasi berupa informasi dan ilmu pengetahuan, si Buah Hati juga butuh lingkungan yang memberi pengalaman yang ia butuhkan untuk meningkatkan kecerdasan otaknya. Karena untuk belajar, Si Buah Hati perlu menggunakan semua inderanya serta belajar langsung dengan cara melakukan dan mengalaminya sendiri. Dengan banyak pengalaman yang ia dapatkan, hubungan antar sel-sel otak (neuron) Si Buah Hati menjadi semakin kuat dan otaknya menjadi lebih terstruktur.

Baca Juga: Manfaat Susu yang Membuat Otak Anak Cerdas dan Pintar

Stimulasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Si Buah Hati<H2>

Berikut ini lima rutinitas yang dapat membantu menstimulasi Si Buah Hati sebagai cara meningkatkan kecerdasan otak anak:

  • Bermain

Sampai ia masuk usia sekolah, bermain merupakan cara utama Si Buah Hati untuk belajar. Bunda tak perlu membelikannya mainan-mainan edukatif yang mahal, karena dengan cara yang simpel Si Buah Hati juga dapat distimulasi untuk menjadi lebih cerdas. Membenamkan jari-jari tangannya ke pasir saja sudah membantu ia untuk belajar, begitu juga dengan menyusun balok.

  • Mengajaknya aktif bergerak dan berolahraga

Olahraga terbukti dapat meningkatkan kemampuan untuk belajar karena jika dilakukan secara rutin, olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke bagian otak yang fokus ke daya ingat dan belajar. Anak usia prasekolah disarankan untuk aktif bergerak sepanjang hari untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak, bisa dengan bermain yang banyak membuat ia bergerak intensif, jalan pagi, membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga, dan berolahraga.

  • Mengasah kreativitasnya

Bermain musik disebut dapat membantu meningkatkan kecerdasan Si Buah Hati, terutama yang berkaitan dengan kecerdasan spasial dan matematika. Bermain musik juga disebut dapat meningkatkan fungsi otak. Tak hanya kreativitas di musik, tapi juga menggambar, melukis, dan menulis dapat meningkatkan kecerdasan Si Buah Hati dengan caranya masing-masing.   

  • Membina kedekatan

Anak-anak yang memiliki hubungan dekat dengan orang tua serta tumbuh di lingkungan yang membuatnya merasa aman dan nyaman terbukti memiliki skor tes kecerdasan yang lebih tinggi dibanding dengan anak-anak lainnya. Karena itu, menjadi orang tua yang mendukung, dapat diandalkan, mau mendengarkan, dan sabar akan membantu meningkatkan kecerdasan otak Si Buah Hati.

  • Memberi asupan zat gizi yang seimbang

Si Buah Hati membutuhkan zat gizi yang seimbang agar tumbuh-kembangnya berlangsung optimal. Karena itu, Bunda sangat disarankan untuk memperhatikan menu makanan dan minumannya agar dapat memenuhi kebutuhan gizinya. Berikan menu yang bervariasi agar zat gizi yang ia dapatkan juga variatif. Hindari hanya fokus ke zat gizi yang dapat meningkatkan kecerdasan otak karena sebenarnya semua memiliki peran.

Sebagai pelengkap zat gizi, Bunda dapat memberikannya susu DANCOW 3+ Nutritods Imunutri yang kaya kandungan gizi. Susu bubuk ini diformulasikan untuk anak dan keluarga Indonesia dengan kandungan 0 gr sukrosa, tinggi zat besi dan zink, minyak ikan, Omega-3 dan Omega- 6, dan tinggi Vitamin A dan C serta Lactobacillus rhamnosus.

Stimulasi yang tepat akan dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak Si Buah Hati, tapi tak ketinggalan peran Bunda dan Ayah ikut menentukan agar ia bisa jadi anak yang cerdas.

Yuk, Bunda, bantu lindungi langkah eksplorasinya!