Stimulasi

Mengenal Garis, Dasar Belajar Seni Lukis

05-11-2020

Mengenal Garis, Dasar Belajar Seni Lukis

Salah satu hadiah yang bisa membuat si Kecil merasa bahagia adalah pensil dan buku gambar. Sebab sejak usia 2 tahun, ia memang tengah senang mencorat-coret. Mulai dari mencoret dengan bentuk sembarangan, waktu ia baru mengenal pensil dan mengetahui kegunaannya. Hingga coretan beragam bentuk dasar, seperti lingkaran atau garis panjang, kala sudah terbiasa memegang alat tulis. Di tahap ini, si Kecil sesungguhnya sudah bisa mengendalikan aktivitas motoriknya. Hingga kemampuan mencoretnya meningkat menjadi lebih terkendali. Pada masa ini pula Bunda dapat memperkenalkannya dengan seni lukis. Yakni dengan cara:

1. Memperkenalkan garis lurus

Garis adalah barisan titik yang memiliki dimensi memanjang dan arah tertentu dengan kedua ujung terpisah. Si Kecil yang sudah masuk tahap mencoret terkendali mampu menorehkan ujung pensil dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan dan sebaliknya. Meski garis yang diciptakannya tidak benar-benar lurus. Karena itu, pelan-pelan Bunda bisa mencontohkan cara membuat garis lurus pada si Kecil. Bimbinglah tangan mungilnya untuk menarik garis yang lurus.

Setelah gambar garis jelas, barulah Bunda bisa menjelaskan apakah itu bentuk garis lurus yang tegak atau datar. Pada penjelasan lanjutan, Bunda bisa menceritakan gambar apa saja yang bisa dibuat dari garis lurus tersebut. Setelah kemampuan motorik si Kecil berkembang, Bunda juga bisa mengajarkan dan mengenalkan variasi garis lainnya. Misalnya garis lengkung, bergelombang, atau diagonal.

2. Lingkaran

Pada pelajaran seni rupa, bidang dua dimensi yang dibuat dari pertautan garis akan membentuk satu bentuk. Si Kecil, yang sudah bisa mengendalikan pensil, mampu menggambar lingkaran dengan mempertemukan titik akhir perjalanan pensilnya ke titik awal. Bentuk lingkaran yang dibuatnya mungkin belum bulat sempurna. Bahkan, terkadang ketika dia sudah membuat satu lingkaran, tangannya akan terus memutar sehingga akan terlihat bentuk lingkaran di dalam lingkaran.

Di sini, Bunda bisa mulai menjelaskan kepada si Kecil untuk menghentikan gerakan pensil setelah berhasil membentuk satu lingkaran. Berilah dia pujian karena telah berhasil membuat salah satu bentuk geometri sederhana, lalu ceritakan gambar apa saja yang bisa dihasilkan dari lingkaran tersebut. Tahap selanjutnya, ketika tangan si Kecil sudah mulai kokoh memegang pensil, Bunda bisa mengajarkannya membuat lingkaran dengan benar. Misalnya mengajarkan si Kecil mencetak bentuk lingkaran dari gelas yang ditempelkan pada kertas.

Setelahnnya, Biarkan si Kecil bereksplorasi dengan bentuk yang dia bisa. Berilah kesempatan pada si Kecil membuat garis dan lingkaran sebanyak-banyaknya. Bunda bisa mempersiapkan pensil warna atau crayon pada si Kecil, agar proses belajarnya lebih menarik.

DANCOW Lindungi si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DancowLindungi.