Nutrisi

Ini Manfaat Vitamin C untuk Mendukung Langkah Eksplorasi Anak Prasekolah

16-06-2021

Ini Manfaat Vitamin C untuk Mendukung Langkah Eksplorasi Anak Prasekolah

Menjaga kesehatan anak merupakan salah satu langkah penting agar Si Buah Hati bebas bereksplorasi sesuka hatinya tiap hari. Melakukan berbagai kegiatan untuk mengeksplorasi kemampuan yang dimiliki bisa menjadi salah satu stimulasi yang dapat mengoptimalkan perkembangan Si Buah Hati di masa Prasekolah. Tapi, sebelum mengajak Si Buah Hati asyik bereksplorasi, Bunda tentu harus memastikan bahwa kesehatan Si Buah Hati terlindungi dan asupan nutrisinya terpenuhi. Salah satu asupan nutrisi yang penting bagi kesehatan Si Buah Hati adalah vitamin C.

 

Pentingnya Asupan Vitamin C di Masa Prasekolah

Mengapa vitamin C baik untuk dukung dan bantu lindungi langkah eksplorasi Si Buah Hati di masa Prasekolah? Vitamin C dikenal sebagai salah satu mikronutrien yang bermanfaat untuk menguatkan daya tahan tubuh. Tak hanya membantu meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang akan melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas. Dengan daya tahan tubuh yang optimal, Si Buah Hati tentunya jadi lebih bebas untuk bereksplorasi sesuka hatinya tiap hari. Bunda pun tak perlu khawatir Si Buah Hati mudah sakit saat asyik bereksplorasi karena ia sudah terlindungi.

Selain itu, vitamin C merupakan mikronutrien penting yang dibutuhkan tubuh agar proses metabolisme dapat berjalan dengan normal. Vitamin C memiliki peran penting dalam proses pembentukan kolagen, sehingga sangat membantu saat terjadi pemulihan luka. Hal ini tentu membantu Si Buah hati lebih siap untuk bereksplorasi tiap hari.

 

Baca Juga: 3 Stimulasi Sederhana untuk Membantu Si Buah Hati Belajar Menjaga Kesehatan

 

image

 

Berapa Banyak Vitamin C yang Dibutuhkan di Masa Prasekolah?

Asupan vitamin C yang dibutuhkan untuk usia anak Prasekolah menurut Angka Kecukupan Gizi tahun 2019 yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI adalah 40 mg per hari untuk anak usia 3 tahun dan 45mg per hari untuk anak usia 4-5 tahun. Asupan vitamin C ini bisa didapatkan dari berbagai makanan, sayuran dan buah-buahan seperti: stroberi, jeruk, pepaya, mangga, semangka, brokoli, kol,

 

Dampak Kekurangan Vitamin C bagi Anak di Usia Prasekolah

Pastikan asupan vitamin C yang didapatkan Si Buah Hati tidak kurang atau pun lebih ya, Bunda. Kekurangan vitamin C dapat memengaruhi kesehatan anak seperti melemahkan sistem kekebalan tubuh Si Buah Hati, sehingga ia jadi lebih rentan terhadap penyakit atau infeksi. Kekurangan vitamin C juga dapat membuat proses penyembuhan luka yang dialami Si Buah Hati tidak berjalan optimal. Selain itu, jika Si Buah Hati menunjukkan gejala gampang letih dan lesu, hal tersebut dapat menjadi gejala kekurangan asupan vitamin C. Namun, asupan vitamin C yang berlebih juga tidak baik untuk kesehatan. Jika konsumsi vitamin C yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak, Si Buah Hati bisa saja mengalami gangguan pada saluran pencernaan seperti diare. Jadi, berikan konsumsi vitamin C dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan harian Si Buah Hati saja ya, Bunda.

Dengan memenuhi asupan vitamin C harian Si Buah Hati, kesehatan anak dapat senantiasa terjaga sehingga Bunda dapat membantu melindungi langkah eksplorasinya setiap hari di masa Prasekolah

 DANCOW 3+ Nutritods dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa dibandingkan formula sebelumnya, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, tinggi vitamin A & C dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus. 99% #BundaBangga memilih DANCOW Nutritods untuk Si Buah Hati serta setuju bahwa vitamin C bantu meningkatkan dan menjaga imunitas tubuh anak. Bagaimana dengan Bunda? Yuk, cari tahu apa kata para #BundaBanga yang sudah memilih DANCOW Nutritods di sini.