Parenting

Yuk, Bacakan Dongeng untuk Dukung Perkembangan Si Buah Hati

01-09-2021

Dongeng anak dibaca ibu dan Si Buah Hati

Seberapa sering Bunda membacakan buku dongeng anak untuk Si Buah Hati? Ketika Si Buah Hati memasuki usia prasekolah, tentu saja Bunda ingin Si Buah Hati menjadi lebih mengenali budaya, mempelajari sikap dan perilaku serta nilai moral khas orang Indonesia, bukan? Hal-hal ini sebenarnya bisa Bunda ajarkan kepada Si Buah Hati lewat kegiatan mendongeng, lho. Apalagi kini DANCOW merilis kembali 15 seri Dongeng Aku Dan Kau yang ceritanya diambil dari judul-judul dongeng asli Indonesia yang dicintai banyak orang sejak 15 tahun lalu seperti cerita “Kancil dan Kerbau”, “Pangeran Palasara Si Lembut Hati”, dan “Kluntung Waluh”. Lewat seri Dongeng Aku Dan Kau, Bunda bisa memperkenalkan Si Buah Hati terhadap berbagai budaya serta nilai moral yang terkandung dalam tiap cerita.

Melalui kegiatan membaca dongeng anak, Bunda dapat mempersiapkan Si Buah Hati untuk terbiasa membaca dan selalu dipenuhi dengan rasa ingin tahu. Dengan begitu, nantinya Si Buah Hati akan terbiasa membaca dan aktif bertanya. Namun selain keuntungan ini, ada juga keuntungan lain yang bisa didapat Si Buah Hati saat membaca dongeng asli Indonesia jika dibandingkan membaca buku lainnya. Yuk, cari tahu apa saja keuntungan tersebut.

  1. Mempelajari Budaya Suatu Daerah atau Bangsa

image

Dongeng merupakan sebuah warisan budaya yang sejak dulu digunakan sebagai medium untuk menyampaikan cerita. Biasanya dalam dongeng anak, masing-masing cerita akan menggambarkan ciri khas budaya daerah asal cerita tersebut. Jadi dengan memperkenalkan Si Buah Hati kepada dongeng anak asli Indonesia dari berbagai daerah, ia secara tak langsung telah mempelajari budaya dari daerah asal cerita tersebut.

 

  1. Membantu Belajar Mengenal Bentuk Binatang

image

Dongeng anak asli Indonesia biasanya merupakan fiksi, dan salah satu jenisnya adalah fabel di mana karakter-karakternya merupakan binatang. Dalam fabel, biasanya hewan berperilaku selayaknya manusia, misalnya cerita Si Kancil dan Buaya atau cerita Monyet dan Kura-Kura. Lewat fabel, Bunda jadi bisa mengenalkan Si Buah Hati pada berbagai bentuk binatang, lho. Apalagi jika buku dongeng fabel yang dibacakan memiliki banyak gambar, tentu Si Buah Hati jadi lebih mudah mempelajari berbagai bentuk binatang.

Baca Juga: Saat yang Tepat Mendidik Si Kecil Membaca

  1. Mengajarkan Nilai Moral

image

Membacakan dongeng asli Indonesia juga membantu Bunda menerapkan pola asuh anak yang efektif untuk menanamkan nilai moral masyarakat Indonesia kepada Si Buah Hati. Ini karena dongeng-dongeng tersebut selalu memiliki pesan moral yang jelas. Tokoh-tokoh yang ada di dalam dongeng anak biasanya mudah dibedakan, antara karakter yang baik dan buruk. Beberapa buku dongeng bahkan merangkum apa nilai moral yang bisa dipetik dari dongeng tersebut di akhir cerita. Sehingga lewat dongeng-dongeng asli Indonesia, Bunda bisa menanamkan nilai-nilai moral yang sesuai budaya Indonesia pada Si Buah Hati sejak dini.

 

  1. Belajar Sejarah dengan Lebih Menyenangkan

image

Dalam dongeng anak, juga ada jenis cerita legenda yang biasanya menyajikan sejarah atau asal usul terjadinya sebuah daerah. Misalnya saja cerita Sura dan Baya dikaitkan dengan Kota Surabaya dan cerita Asal Usul Raja Ampat. Membacakan dongeng asli Indonesia semacam ini dapat mengenalkan Si Buah Hati pada sejarah dan asal usul sebuah tempat di Indonesia dengan cara yang menyenangkan.

Tentu tak ada salahnya membacakan buku selain dongeng anak asli Indonesia kepada Si Buah Hati, namun dongeng asli Indonesia punya berbagai manfaat yang baik bagi perkembangan Si Buah Hati usia prasekolah. Untuk melengkapi koleksi buku dongeng Bunda dan Si Buah Hati, Bunda bisa mengumpulkan 15 seri Dongeng Aku Dan Kau yang bisa didapatkan dengan membeli DANCOW 1+/3+/5+ Nutritods ukuran 800g/1kg bertanda khusus. Selain membacakan buku Dongeng Aku Dan Kau, Bunda juga bisa mengajak Si Buah Hati untuk melakukan berbagai aktivitas seru yang bisa diakses dari halaman Dongeng Aku Dan Kau, lho. Misalnya berkenalan dan mewarnai karakter dongeng favorit Si Buah Hati, serta mengikuti kompetisi mendongeng dengan berbagai hadiah menarik.

Agar stimulasi yang diberikan melalui kegiatan membacakan dongeng anak dapat diterima Si Buah Hati secara optimal, Bunda juga perlu memastikan Si Buah Hati terlindungi dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi. DANCOW 3+ Nutritods dengan 0 gram sukrosa, Lactobacillus rhamnosus, Omega 3 & 6, Minyak Ikan, Vitamin C & D, Zat Besi, Zink, dan nutrisi penting lainnya membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Buah Hati.