Stimulasi

Manfaat Belajar Karate untuk Si Buah Hati yang Aktif

04-11-2021

1.	Anak belajar karate

Untuk Si Buah Hati yang lebih aktif, ajak belajar karate yuk, Bunda! Memberikan aktivitas bermanfaat untuk dilakukan Si Buah Hati yang aktif dan sulit diminta diam itu penting. Jika Si Buah Hati tak bisa diam karena aktif, bisa saja nanti ia mengalami kesulitan dalam memperhatikan dan mengikuti proses pembelajaran. Eits, tapi jangan khawatir dulu Bunda, anak aktif tidak selamanya “tidak baik”, lho. Si Buah Hati yang aktif mungkin hanya ingin menggunakan energinya dengan lebih banyak. Ingin tahu kenapa belajar karate bisa jadi pilihan tepat untuk anak aktif?

Belajar karate cocok untuk Si Buah Hati yang cenderung memiliki energi berlebih dan sulit mengikuti instruksi. Terkadang, mencari aktivitas fisik untuk Si Buah Hati dapat menjadi tantangan tersendiri, tapi dengan mengajaknya belajar karate Bunda tak perlu lagi bingung. Apalagi aktivitas fisik yang satu ini punya banyak manfaat untuk Si Buah Hati, lho. Yuk, simak apa saja manfaat belajar karate untuk Si Buah Hati. 

  1. Mengajarkan Si Buah Hati untuk Berkonsentrasi

image

Saat belajar karate, instruktur akan mengajarkan Si Buah Hati untuk berkonsentrasi dan mengajaknya untuk kembali fokus saat perhatiannya teralihkan. Gerakan-gerakan dalam karate atau pun seni bela diri lainnya dipelajari dengan cara diulang-ulang. Sehingga Si Buah Hati bisa belajar fokus dan berkonsentrasi saat mengulang-ulang gerakan yang diberikan oleh instruktur.

 

  1. Membangun Koordinasi

image


Melakukan aktivitas fisik lewat karate juga akan membantu perkembangan fisik anak. Gerakan-gerakan berulang yang dilakukan Si Buah Hati saat belajar karate juga akan membantu anak membangun koordinasi gerak tubuhnya. Di awal mungkin Si Buah Hati belum begitu bisa melakukan gerakan tertentu, tapi dengan melakukan gerakan secara repetitif dan perlahan, ia akan mengerti bagaimana ia harus bergerak dan hal ini membantunya untuk mengkoordinasikan gerakan tubuhnya.

 

Baca Juga: Cara Mendampingi dan Mendidik Anak Aktif di Rumah

 

  1. Belajar Cara Mengendalikan Diri

image


Meskipun karate adalah salah satu seni bela diri, namun saat belajar karate Si Buah Hati justru akan mempelajari cara mengendalikan diri.  Inilah mengapa belajar karate cocok untuk Si Buah Hati yang aktif, karena karate adalah cara yang aman dan sehat untuk menyalurkan energi berlebih dan perasaan Si Buah Hati. Lewat belajar karate Si Buah Hati akan belajar cara mengendalikan energi yang berlebih dan luapan perasaannya tersebut.

 

  1. Membangun Rasa Percaya Diri

image

Belajar karate menurut American Academy of Pediatrics, akan meningkatkan rasa percaya diri Si Buah Hati. Saat mempelajari berbagai kemampuan baru lewat belajar karate, maka rasa percaya diri Si Buah Hati pun akan meningkat. Apalagi karate memang sebuah aktivitas yang berfokus pada perkembangan individu, sehingga Si Buah Hati tentunya akan merasa senang ketika berhasil meraih pencapaian tertentu saat belajar.

Selain rutin melakukan aktivitas fisik lewat belajar karate, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan Si Buah Hati dengan memberikannya makanan bergizi yang lengkap dan seimbang. Lengkapi kebutuhan gizi Si Buah Hati dengan memberikannya DANCOW 3+ Nutritods. DANCOW 3+ Nutritods mengandung 0 gram sukrosa,  tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, tinggi vitamin A & C dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus.  

Agar Si Buah Hati yang  belajar karate bisa bebas bereksplorasi, Bunda juga bisa menemukan inspirasi makanan dengan gizi yang lengkap dan seimbang dari ahli nutrisi DANCOW di Piring Nutrisi DANCOW. Yuk Bunda, pastikan asupan nutrisi Si Buah Hati  yang sedang semangat belajar karate terpenuhi, karena eksplorasinya mulai dari sini.