Stimulasi

Manfaat Bermain Bersama Si Buah Hati. Bunda Sudah Tahu?

19-07-2022

Manfaat Bermain Bersama Si Buah Hati. Bunda Sudah Tahu?

Bermain merupakan salah satu cara bagi si Buah Hati untuk belajar, baik untuk mengenal dirinya sendiri, orang-orang di sekitarnya, serta lingkungannya. Kegiatan ini tidak hanya bisa dilakukan bersama teman-temanny,a tapi juga bersama keluarganya.

Karena itu, Bunda bisa mengajak seluruh anggota keluarga agar si Buah Hati mendapatkan manfaat bermain bersama. Berikut ini berbagai manfaat bermain yang bisa didapatkan si Buah Hati, termasuk jika dilihat dari empat aspek perkembangannya.

Berbagai Bentuk Permainan untuk Anak-Anak

Para ahli perkembangan anak memiliki satu suara yang menyatakan bahwa bermain merupakan sesuatu yang penting bagi anak-anak, dimulai dari bayi sampai usia sekolah. Berbagai aktivitas yang dilakukan si Buah Hati sebenarnya dapat diubah menjadi permainan, asalkan Bunda tahu cara menyiasatinya. Makanya, Bunda tidak perlu memikirkan jenis-jenis aktivitas tertentu saat ingin mengajaknya bermain.

Walaupun bisa menerapkan bermain di hampir setiap aktivitasnya, tapi secara garis besar ada tiga bentuk permainan yang umum dilakukan pada masa kanak-kanak, yaitu:

  • Bermain sosial

Dalam bentuk permainan ini, si Buah Hati bermain bersama orang lain, baik bersama teman-teman atau pun bermain bersama keluarga. Aktivitas yang dilakukan melibatkan dua orang atau lebih, misalnya bermain lempar bola, kejar-kejaran, dan lainnya.

  • Bermain independen

Kebalikan dari bermain sosial, dalam bentuk permainan ini, ia bermain sendiri, misalnya menyusun balok, menyelesaikan puzzle, atau bermain bersama boneka.

  • Bermain bebas (tidak terstruktur)

Permainan ini tidak direncanakan untuk terjadi dan tergantung dari keinginan si Buah Hati ingin bermain apa. Bermain bebas membuatnya bermain sesuai dengan imajinasi dan kecepatannya sendiri.

  • Bermain dengan panduan (terstruktur)

Bentuk permainan ini dipersiapkan oleh orang dewasa untuk dilakukan oleh anak-anak. Misalnya saja permainan yang dilakukan saat anak-anak menginap bersama di rumah.

Baca Juga: Bunda, Yuk Ketahui Tata Cara Bermain di Taman Bermain!

Berbagai Manfaat Bermain Bersama bagi Si Buah Hati Usia Prasekolah

Apa pun bentuk permainannya, bermain memberi manfaat yang besar bagi anak-anak. Bermain membantu mereka untuk tumbuh kuat dan sehat, menjadi individu yang independen dan percaya diri, membantu perkembangan mental, serta mengurangi stres.

Beberapa penelitian bahkan menyebut bahwa anak-anak yang tidak mendapat waktu yang cukup untuk bermain, akan berisiko tinggi untuk memiliki masalah tingkah laku dan memusatkan perhatian. Selain itu, perkembangan sosial-emosionalnya juga akan terganggu.

Manfaat bermain dapat dilihat dari empat aspek perkembangan anak, yaitu kognitif, motorik-fisik, sosial-emosional, dan komunikasi-bahasa. Penjelasannya manfaat bermain bersama tersebut adalah adalah sebagai berikut:

  • Perkembangan kognitif

Bermain merupakan aktivitas yang esensial bagi perkembangan otak yang sehat. Saat bermain, si Buah Hati membangun keterampilan fungsi eksekutif, menambah ilmu pengetahuan, dan melatih berpikir kreatif. Misalnya saat ia sedang bermain menyusun balok, ia mempelajari pola menyusun, melakukan kalkulasi, dan membuat klasifikasi balok-balok mainannya sehingga dapat disusun dan tidak terjatuh.

  • Perkembangan sosial-emosional

Manfaat bermain bersama teman adalah melatih si Buah Hati untuk belajar mendengarkan, memperhatikan, dan mempertimbangkan sudut pandang orang lain. Selain itu, ia juga akan belajar untuk mengatur emosi dan perasaannya saat bermain, terutama dalam bentuk permainan sosial dan terstruktur.

  • Perkembangan motorik-fisik

Banyak permainan yang melibatkan fisik, terutama permainan yang dilakukan di luar ruang. Saat si Buah Hati banyak bergerak saat bermain, maka tubuhnya menjadi lebih kuat, otot-otot lentur, serta koordinasi dan refleksnya pun menjadi lebih baik. Manfaat bermain bersama ini juga menstimulasi motorik dan membuat si Buah Hati untuk memiliki keberanian dalam melakukan sesuatu.

  • Perkembangan komunikasi-bahasa

Pada usia prasekolah, si Buah Hati sudah dapat berkomunikasi dengan baik. Manfaat bermain bersama adalah ia dapat bercakap-cakap timbal balik dengan teman mainnya, baik keluarga atau pun teman. Membaca buku cerita membuat ia belajar lebih banyak tentang bahasa dan struktur sebuah cerita.

Untuk membantu perkembangan empat aspek di atas selama si Buah Hati bermain, Bunda harus memastikan agar asupan gizinya lengkap dan seimbang. Lengkapi pemenuhan kebutuhan gizinya sehari-hari dengan pemberian Dancow 3+ Nutritods, susu yang diformulasikan untuk anak dan keluarga Indonesia.

DANCOW 3+ Nutritods mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh si Buah Hati untuk bantu tumbuh-kembang yang optimal, seperti kandungan 0 gram sukrosa dan  tinggi kandungan zat besi dan zink untuk bantu tumbuh-kembangnya, minyak ikan (DHA) serta Omega-3 dan Omega-6 , juga tinggi Vitamin A dan C ditambah Lactobacillus rhamnosus.

Dengan mengetahui manfaat bermain bersama, Bunda menjadi paham pentingnya bermain dalam masa kanak-kanak. Jadi, sediakan waktu sehari-hari untuk si Buah Hati bermain ya, Bunda!