Stimulasi

Manfaat Bermain Balok Bagi Tumbuh Kembang Si Buah Hati

18-08-2022

Manfaat Bermain Balok Bagi Tumbuh Kembang Si Buah Hati

Sejak zaman dahulu, para peneliti, filsuf, dan ahli perkembangan anak tak habis-habisnya mengeksplorasi tentang manfaat bermain bagi perkembangan anak. Tak bisa dipungkiri bahwa bermain memang membawa dampak positif di empat aspek perkembangan anak, yaitu sosial-emosional, bahasa-komunikasi, kognitif, dan fisik-motorik. Menyusun balok merupakan salah satu permainan yang disebut membawa manfaat bagi perkembangan anak. Apa saja manfaat bermain balok susun bagi Si Buah Hati? Yuk, Bunda, ketahui bersama.

Balok Susun, Permainan untuk Segala Umur

Di antara berbagai permainan yang dinilai cocok untuk anak-anak usia dini dari segala kelompok umur, maka balok susun merupakan salah satunya. Cara bermain balok susun tergolong simpel karena hanya disusun. Toddler usia satu tahun biasanya bisa menyusun dua balok, sementara usia dua tahun ke atas sudah bisa menyusun delapan balok. Sedangkan pada usia tiga tahun, Si Buah Hati sudah bisa menyusun sampai sepuluh balok.

Tentu saja, mainan balok susun memiliki materi yang berbeda tergantung dari usia Si Buah Hati. Pada usia prasekolah, balok susun kebanyakan sudah terbuat dari kayu atau plastik keras agar tahan lama. Selain itu, balok susun untuk anak usia prasekolah umumnya merupakan bagian dari konstruksi sesuatu, yang paling mudah dibuat adalah pagar, rumah, atau jalan raya. Bunda bisa melengkapinya dengan mainan lain berupa mobil, orang, hewan, atau perlengkapan rumah.

Si Buah Hati usia prasekolah senang bermain pura-pura dan ini tercermin di dalam permainan balok susun. Saat mereka merangkai balok menjadi sebuah bangunan besar, bisa saja ia menyebut kalau itu sekolah atau rumah sakit. Sedangkan jika mereka menaruh mobil-mobilan di dalam bangunan, ia bisa menyebutnya dengan bengkel atau pameran mobil. Bunda tinggal ikuti ke mana imajinasi Si Buah Hati membawanya.

Baca Juga: Manfaat Bermain Bersama Si Buah Hati

Manfaat Bermain Balok bagi Perkembangan Si Buah Hati

Walaupun merupakan permainan yang sederhana, tapi ternyata manfaat bermain balok susun cukup banyak lho, Bunda. Tak heran jika balok susun termasuk permainan yang digemari oleh para guru di PAUD dan TK. Beberapa manfaat bermain balok untuk anak adalah:

  • Si Buah Hati yang berusia tiga tahun akan memahami tentang sebab dan akibat. Saat ia menyusun balok dengan benar, maka hasilnya bisa berdiri tanpa runtuh bahkan jika disusun tinggi. Namun jika ia menyusun dengan tidak benar, maka susunan balok itu bisa runtuh dan ia harus mengulang dari awal. Memahami sebab dan akibat akan membantu Si Buah Hati dalam membuat prediksi dan mengatasi masalah.
     
  • Mengasah perkembangan fisik-motoriknya, terutama motorik halus. Karena saat menyusun balok, Si Buah Hati harus mengambil, memindahkan dan menumpuk balok. Manfaat bermain balok juga mengasah koordinasi antara mata dan tangan.
     
  • Mengasah keterampilan matematikanya, karena ia harus menghitung jumlah balok yang dibutuhkan, menambahkan dan mengurangi jumlahnya, menyortir balok sesuai bentuk, serta memperkirakan tinggi dan luas dari konstruksi yang ia kerjakan.
     
  • Mengasah kreativitas dan kemampuan spasialnya, karena ia harus membayangkan wujud dari sesuatu yang ia ingin buat. Pada saat bersamaan ia akan belajar membuat rencana dan cara untuk mewujudkannya. Jika berhasil mewujudkannya, maka rasa percaya diri Si Buah Hati akan meningkat.
     
  • Jika “proyek” konstruksi Si Buah Hati dikerjakan bersama orang lain, misalnya bersama Bunda atau teman-temannya, maka perkembangan sosialnya akan terasah karena ia harus mendengarkan, berdiskusi, dan berbagi dengan yang lain.

Bunda bisa memberi dukungan agar manfaat bermain balok yang didapatkan Si Buah Hati bisa optimal dengan mendengarkan ide-idenya tentang hasil akhir dari menyusun balok, serta memberi saran-saran agar bisa tercapai. Saat ia terbentur masalah, Bunda bisa menjadi tempatnya berkonsultasi mencari solusi. Tak hanya itu, Bunda juga memastikan keamanannya selama bermain dan mendorongnya untuk merapikan balok-balok tersebut setelah usai.

Yuk, Bunda, dukung Si Buah Hati agar aktif bermain! Sebagai pilihan, Bunda juga bisa memberikannya susu DANCOW 3+ Nutritods. Susu bubuk ini diformulasikan untuk anak dan keluarga Indonesia dengan kandungan 0 gr sukrosa, tinggi zat besi dan zink, minyak ikan, Omega-3 dan Omega- 6, dan tinggi Vitamin A dan C serta Lactobacillus rhamnosus.

Dengan dukungan yang tepat dari Bunda, termasuk dengan memberikan susu DANCOW 3+ Nutritods, menyusun balok tak hanya menjadi aktivitas bermain tapi juga memberi manfaat bermain balok yang penting bagi tumbuh-kembang si Buah Hati.