Stimulasi

Pentingnya Mengajarkan Si Buah Hati Berenang untuk Perkembangan Motorik

04-11-2021

Anak belajar berenang

Bunda, yuk ajak Si Buah Hati belajar berenang sejak dini untuk mengembangkan kemampuan motoriknya! Belajar berenang adalah salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat baik untuk Si Buah Hati. Selain memberikan anak keterampilan berenang, belajar berenang juga dapat menstimulasi perkembangan motorik, dan perkembangan kognitif Si Buah Hati. Tak hanya itu, belajar berenang juga dapat menstimulasi perkembangan bakat Si Buah Hati, lho.

Tahukah, Bunda? Manfaat belajar berenang tak hanya membuat Si Buah Hati jadi bisa berenang saja, lho. Semakin rajin Si Buah Hati belajar berenang, semakin banyak juga kemampuan yang ia miliki, sehingga rasa percaya dirinya juga semakin berkembang. Tentunya ini berdampak positif bagi tumbuh kembang Si Buah Hati. Yuk, temukan apa saja manfaat yang bisa didapat Si Buah Hati jika Bunda mengajaknya belajar berenang sejak usia dini.

  1. Menstimulasi Ketahanan Fisik

image

Berenang akan mendorong perkembangan otot kaki dan tangan Si Buah Hati. Selain itu, dengan belajar berenang, maka kapasitas paru-paru Si Buah Hati juga dapat lebih terlatih. Dengan belajar berenang, maka ketahanan fisik Si Buah Hati akan distimulasi sehingga jadi lebih kuat sejak dini.

 

  1. Menstimulasi Perkembangan Otot yang Kuat

image

Saat belajar berenang, Si Buah Hati harus melakukan gerak lokomotor di mana ia harus menggerakkan kakinya agar dapat bergerak di dalam air. Tentunya ini membuat perkembangan otot Si Buah Hati juga terstimulasi. Dengan otot kuat yang terlatih sejak dini, Si Buah Hati akan tumbuh dengan fisik yang kuat pula.

Baca Juga: Berenang, Membangun Rasa Percaya Diri Si Kecil

  1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif [3]

image

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Griffith, Australia, anak-anak usia toddler yang rutin belajar berenang memperlihatkan perkembangan kognitif yang lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang tidak belajar berenang. Selain karena gerakan tubuh yang dilakukan Si Buah Hati saat berenang, belajar berenang juga bisa menjadi pengalaman sosial yang unik untuk anak sehingga menstimulasi perkembangan otaknya yang kemudian berdampak secara tidak langsung pada kemampuan kognitif anak.

 

  1. Menjaga Berat Badan Ideal Si Buah Hati

image

Sebagai salah satu aktivitas fisik, belajar berenang tentu akan membakar kalori. Apalagi karena air memiliki berat jenis yang lebih berat daripada udara, Si Buah Hati akan membakar lebih banyak kalori. Dengan pembakaran kalori ini, makan berat badan Si Buah Hati akan terjaga jadi lebih ideal sesuai usianya.

 

Selain rutin melakukan aktivitas fisik seperti belajar berenang, bantu jaga kesehatan Si Buah Hati dengan memberikannya gizi yang lengkap dan seimbang. Lengkapi kebutuhan gizi Si Buah Hati dengan memberikannya DANCOW 3+ Nutritods. DANCOW 3+ Nutritods mengandung 0 gram sukrosa,  tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, tinggi vitamin A & C dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus.

Untuk memastikan nutrisinya terpenuhi dan agar Si Buah Hati memiliki energi cukup saat belajar berenang, Bunda bisa mencari inspirasi makanan dengan gizi yang lengkap dan seimbang dari ahli nutrisi DANCOW di Piring Nutrisi DANCOW. Yuk Bunda, pastikan asupan nutrisi Si Buah Hati di masa prasekolah terpenuhi, karena eksplorasinya mulai dari sini.