Stimulasi

Gunakan 4 Cara Seru Ini untuk Mengajarkan Langkah Cuci Tangan yang Benar

24-11-2020

Ajarkan Cara Cuci Tangan yang Benar

Di situasi seperti saat ini, salah satu hal yang perlu Bunda lakukan untuk menjaga kesehatan Si Buah Hati adalah mengajarkannya cara cuci tangan dengan benar. Hal ini sebenarnya tidak sulit kok, Bunda, apalagi di masa Prasekolah Si Buah Hati senang meniru apa yang dilakukan orang lain. 

Yuk, manfaatkan kesempatan ini untuk mengajarkannya cara  mencuci tangan dengan benar, sambil mengasah perkembangannya agar berjalan optimal. Mencuci tangan dengan benar merupakan langkah pencegahan penyakit yang penting di masa sekarang ini. 

Selain membantu kita tetap sehat, tangan yang bersih juga mengurangi risiko penularan infeksi pernapasan atau penyakit pencernaan dari satu orang ke orang lain. Untuk membuat kegiatan belajar cuci tangan jadi lebih seru dan menyenangkan bagi Si Buah Hati, Bunda bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

1. Cuci Tangan Sambil Bernyanyi

Menurut rekomendasi WHO, durasi mencuci tangan yang baik adalah sekitar 20 detik atau setara dengan menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun” sebanyak dua kali. Bunda juga bisa membuat sendiri lagu yang liriknya berisi langkah mencuci tangan yang benar. 

Cara lainnya, Bunda bisa ajak Si Buah Hati mengikuti video di Youtube. Tak hanya membuat kegiatan cuci tangan jadi menyenangkan, sambil menonton video perkembangan bahasa Si Buah Hati pun  ikut terlatih. 

2. Rekam Video Cuci Tangan 

Saat Bunda mencuci tangan bersama Si Buah Hati, rekamlah kegiatan tersebut dan putar ulang videonya setiap kali Si Buah Hati mau cuci tangan. Video tadi bisa menjadi panduan bagi Si Buah Hati agar lama kelamaan ia mengerti cara mencuci tangan yang benar. 

3. Bermain “Kuman Pergi Jauh”
Lewat permainan ini Si Buah Hati akan belajar pentingnya cara cuci tangan yang benar dengan sabun. Caranya: gunting pola telapak tangan, kuman, serta sabun dari karton; kemudian letakkan gambar kuman di atas telapak tangan dan tempelkan gambar sabun ke lidi atau pensil. 

Mintalah Si Buah Hati untuk “mengusir” semua gambar kuman yang ada di telapak tangan dengan cara mendorongnya menggunakan lidi atau pensil yang ditempel gambar sabun tadi. Permainan ini akan membantu melatih perkembangan motorik halus dan kognitif. 

4. Bermain “Kuman Menghilang”

Bunda bisa menggambar beberapa kuman di kertas kemudian memasukkan gambar ke dalam plastik zip lock. Lalu gambarlah telapak tangan di salah satu bagian luar plastik dengan spidol anti air. Celupkan plastik ini ke dalam ember atau wastafel yang sudah diisi air. 

Saat plastik dimasukkan ke dalam air, gambar kuman yang ada di kertas akan terlihat menghilang. Permainan ini melatih perkembangan kognitif Si Buah Hati, karena saat bermain Si Buah Hati akan belajar memahami pentingnya air untuk menghilangkan bakteri pada tangan.

Selain mengajarkan Si Buah Hati untuk selalu menjaga kebersihan lewat cuci tangan, pastikan juga ia mendapatkan asupan gizi yang seimbang untuk dukung daya tahan tubuhnya saat bereksplorasi.

Susu DANCOW 3+ Nutritods adalah susu pertumbuhan yang diformulasi untuk usia prasekolah 3-5 tahun, mengandung 0 gram sukrosa, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, tinggi vitamin A & C dan mikronutrien lainnya, serta Lactobacillus rhamnosus.

Dengan mengajarkan cara cuci tangan yang benar, Bunda tak hanya membantu menjaga kesehatan Si Buah Hati tetapi juga mengasah perkembangannya agar optimal.